Ini yang Dialami Marquez Usai Jatuh di Mandalika

JagatBisnis.com – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkapkan kondisinya usai crash di Sirkuit Mandalika. The baby Alien julukannya tersebut mengalami gegar otak akibat crash parah, gagal balapan, hingga dihantam kembali cedera diplopia.

Marc Marquez dan tim Repsol Honda, atas anjuran dokter, sempat merahasiakan cedera penglihatan ganda yang Marquez alami. Mereka berharap cedera mata kanan itu membaik. Namun, Marquez mengalami nasib buruk di Pertamina Mandalika International Street Circuit. MM93 jatuh empat kali dalam sesi latihan bebas dan pemanasan jelang Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Marquez mengalami kecelakaan high side di Tikungan 7 Sirkuit Mandalika saat melakoni sesi warm up jelang balapan.

Baca Juga :   H-1 MotorGP, Ratusan Bus dari Bali Menyeberang ke Lombok

Usai mengalami kecelakaan tersebut, tim medis MotoGP mengonfirmasi bahwa Marquez mengalami gegar otak dan beberapa trauma ringan.

Pebalap asal Spanyol itu kemudian dibawa ke sebuah rumah sakit lokal di Lombok untuk menjalani pemeriksaan yang lebih lengkap.

Sebagai langkah antisipasi, tim medis MotoGP dan Repsol Honda bersama-sama memutuskan bahwa Marc Marquez tidak akan mengikuti balapan di Mandalika.

Baca Juga :   Bastianini Raih Kemenangan Ketiga pada Musim Ini

Alhasil, juara dunia MotoGP enam kali itu pun gagal tampil pada MotoGP Mandalika.

Honda mengonfirmasi
Melansir situs MotoGP, Pihak Repsol Honda pada Selasa (22/3/2022) mengumumkan bahwa Marc Marquez didiagnosis mengalami diplopia.

Penyakit yang seperti yang Marquez alami pada 2011 itu ternyata memerlukan pemulihan lama.

Hal tersebut diketahui setelah Marquez mengalami ketidaknyamanan dengan penglihatannya setibanya ia di Barcelona pada Senin (21/3/2022).

Baca Juga :   Gawat, Murid Kesayangan Rossi Mau Bikin Sang Mentor Terpuruk di MotoGP

Begitu tiba di Barcelona, Marquez kemudian mengunjungi dokter mata kepercayaannya, Dr. Sanchez Dalmau, di Hospital Clinic de Barcelona.

Apa itu Diplopia?
Dilansir dari laman Allaboutvision.com, Diplopia adalah gangguan saraf mata yang membuat mata bisa melihat dua gambar dari objek yang sama. Dengan kata lain, diplopia biasa disebut penglihatan ganda.

Diplopia bisa terjadi pada salah satu mata atau keduanya. Tentu, jika diplopia menyerang kedua bola mata, itu akan lebih berbahaya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO