Bebas Karantina, Kunjungan Wisman Capai Target

JagatBisnis.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) optimis perluasan kebijakan tanpa karantina akan membantu menggenjot pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Tahun ini, kunjungan wisman ke Indonesia ditargetkan sebanyak 1,8 juta hingga 3,6 juta wisman akan tercapai.

“Kebijakan tanpa karantina ini sudah efektif, mulai Senin (21/3/2022) ini. Namun, untuk pelaksanaannya masih harus menunggu terbitnya surat edaran (SE) dari Satgas Covid-19 yang rencana akan terbit besok, Selasa (22/3/2022). Dengan begitu, kami optimis target kunjungan wisman akan tercapai bahkan akan ada potensi melebihi target,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (21/3/2022).

Menurutnya, kebijakan tanpa karantina itu hanya mewajibkan wisman melakukan tes PCR. Selain kemudahan itu, cakupan negara yang mendapatkan fasilitas visa on arrival (VoA) pun kini bertambah 19 negara, sehingga total menjadi 42 negara.

Baca Juga :   We Love Bali, Penerapan Protokol Kesehatan Berbasis CHSE di Objek Wisata Nusa Penida

“Agar makin berdampak, pemerintah akan bantu menggalakkan promosi kebijakan tanpa karantina. Mayoritas, wisman yang datang ke Indonesia berasal dari Timor Leste, Malaysia dan China,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO