Investor Abu Dhabi Siap Kucurkan Rp284 Triliun Danai IKN Nusantara

JagatBisnis.com-Setelah SoftBank menyatakan mundur dari investasi dalam proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun, pemerintah memastikan saat ini masih banyak investor yang akan mendanai proyek IKN Nusantara. Bahkan, sejauh ini total akan ada 5 negara yang siap mendanai pembangunan IKn Nusantara.

Baca Juga :   PT PP Menang Proyek IKN Nusantara Sebesar Rp1,5 Triliun

“Soal investor, IKN Nusantara sudah tidak ada masalah. Karena saat ini terkait rencana investor dari Abu Dhabi, pejabat terkait pemerintah Uni Emirat Arab telah mengucurkan investasi USD20 miliiar atau Rp284 triliun untuk proyek IKN Nusantara,” Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (20/3/2022).

Dia mengaku, pemerintah terus melakukan negosiasi. Untuk negosiasi awal terhadap 5 negara tersebut dilakukan terlebih dahulu terhadap negara Arab Saudi, Abu Dhabi, dan China Tiongkok. Tak hanya itu, pemerintah juga masih optimistis adanya pendanaan proyek IKN Nusantara dibiayai oleh investor lokal.

Baca Juga :   Rencana Pembangunan IKN Nusantara Terancam Mangkrak

“Dari pengusaha lokal kita juga banyak yang mau. Sementara dari Pemerintah Saudi, kita lihat lagi negosiasinya nanti. Terus, nanti mungkin dari konsorsium Abu Dhabi dengan Tiongkok. Nanti seterusnya kita lakukan negosiasi dengan negara lain,” pungkas Luhut. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO