Di Bulan Puasa, Volume Sampah di Ternate Dipastikan Meningkat

JagatBisnis.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Tonny Pontoh memastikan akan terjadi peningkatan volume sampah di bulan Ramadhan tahun ini, karena populasi penduduk Kota Ternate semakin bertambah.

“Di bulan Ramadhan ini akan terjadi lonjakan sampah, karena populasi penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat,” kata Tonny kepada cermat, Jumat (18/3).

Meski begitu, pihaknya akan tetap melaksanakan tugas, baik dari lingkungan perkotaan, pemukiman, maupun hingga ke TPA. Karena itu, perlu lebih efektif, terutama seperti kesiapan untuk menjaga adanya penimbunan sampah yang besar, seperti Ramadhan beberapa tahun kemarin.

Baca Juga :   Amerika Serikat, Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia

“Itu gambarannya, sehingga bisa antisipasi agar tak ada masalah dalam proses penanganan sampah,” ujarnya.

Baca Juga :   Meski Sudah Dianggarkan, Sampah Tetap Saja Menumpuk

Ia berharap, masyarakat Kota Ternate bisa lebih jeli, tidak membuang sampah ke sembarangan tempat. Sampah, kata ia, harus dimasukan dalam kantong plastik agar mempermudah pihaknya saat pengangkutan sampah.

“Jangan sebarluaskan sampah di lingkungan pemukiman, jika itu terbawa angin dan hujan, maka sampah itu akan tercecer ke mana-mana,” harapnya.

Baca Juga :   Warga Gatal-gatal akibat Tumpukan Sampah di TPA Mrican

Kendati begitu, Tonny mengaku, kini masyarakat sudah lebih cerdas sehingga kerja-kerja pihaknya akan terus terbantukan untuk menyelesaikan problem sampah di Kota Ternate.

“Armada pengangkut sampah saat ini belum ada penambahan. Kami menunggu saja mudah-mudahan di tahun ini bisa dapat satu mobil ambrol dan empat kontainer melalui alokasi DAK 2022,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO