Ini Penjelasan Jokowi  Soal Istana Negara di IKN Dibangun di Ketinggian

Presiden Jokowi

JagatBisnis.com – Istana Negara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur akan dibangun di lokasi dataran dengan ketinggian 80 meter di atas permukaan laut. Demikian kata Presiden Joko Widodo melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

“Ini titik Istananya. Ini tempat yang tertinggi, dari permukaan laut, kira-kira 80 meter. Ini yang paling tinggi di sini. Sehingga bisa melihat ke pejuru kanan kiri,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, pembangunan IKN Nusantara menggunakan konsep sebagai kota hutan. Jadi hutan hijau di wilayah IKN akan dibiarkan agar berkelanjutan.

Baca Juga :   Jokowi dan Prabowo jadi Saksi Pernikahan Atta dan Aurel

“Tapi yang dipakai untuk Ibu Kota ini adalah hutan tanaman industri, yang monokultur, homogen tanamannya, yang setiap 7 tahun ini ditebang,” tambah Jokowi.

Pemerintah juga bakal membangun terlebih dahulu pusat persemaian yang mampu memproduksi 20 juta bibit tanaman per tahun. Kemudian memperbaiki dan merehabilitasi lahan hijau di kawasan IKN Nusantara.

Baca Juga :   Dubes China: Kami Siap Bantu Proyek Pembangunan IKN

“Sehingga ini yang mau kita lakukan, merehabilitasi baik hutannya, maupun reklamasi bekas-bekas tambang yang ada, karena memang banyak sekali hutan-hutan yang dirambah oleh masyarakat dan sebagian sudah harus diperbaiki dan direhabilitasi,” tutupnya.

Sebelumnya, pada Senin (14/3/2022) Presiden memimpin prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Titik Nol IKN Nusantara. Langkah itu sebagai wujud dukungan dan penyatuan niat pembangunan IKN Nusantara.

Baca Juga :   Kepala Otorita IKN Bantah Skema Urun Dana Bangun IKN

Selepas prosesi, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkemah di lokasi IKN Nusantara hingga Selasa (15/3/2022) siang. Ada sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga ikut serta dalam kemah tersebut. (pia)

MIXADVERT JASAPRO