Demi Mendapatkan 2 Liter Minyak Goreng, Ratusan Ibu-ibu di Tuban Rela Antre

JagatBisnis.com – Ratusan warga Kabupaten Tuban yang kebanyakan ibu-ibu, rela antre lebih dari satu jam untuk mendapatkan 2 liter minyak goreng murah dalam bazar Gelar Pangan Murah Berkualitas. Selasa (15/03/2022).

Dalam bazar yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban, bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Jawa Timur (Jatim), selain dijual minyak goreng, juga dijual beberapa kebutuhan pokok lainnya, seperti beras, gula, telur ayam, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Dari pantauan awak media ini, warga terlihat mulai antre sejak pukul 07.00 WIB, sementara bazar baru mulai dibuka pukul 08.00 WIB, dan pada pukul 10.00 WIB, sebanyak 3.000 liter minyak goreng murah yang disediakan panitia sudah ludes terjual.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKPPP Kabupaten Tuban, Lamidi menurutkan bahwa dalam Gelar Pangan Murah Berkualitas tersebut yang dijual antara lain minyak goreng kemasan, telur ayam, gula pasir, beras, cabai rawit, cabai merah besar, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, dan krimer tinggi serat.

Baca Juga :   BUMN Diminta Gelontorkan 3,7 Juta Liter Minyak Goreng ke Masyarakat

Menurutnya, untuk minyak goreng kemasan dijual dengan harga Rp 13.500 per liter, telur ayam Rp 22.000 per kilogram, gula pasir Rp 12.500 per kilogram, beras segar TTI medium kemasan 5 kilogram Rp 44.000, beras segar TTI medium kemasan 10 kilogram Rp 88.000, beras Rania premium kemasan 1,5 kilogram Rp 18.000, cabai rawit kemasan 250 gram Rp 10.000, cabai merah besar kemasan 250 gram Rp 10.000, cabai keriting kemasan 250 gram Rp 7.500, bawang merah Rp 25.000 per kilogram, bawang putih Rp 24.000 per kilogram, dan krimer tinggi serat Rp 10.000 per 100 gram.

Baca Juga :   Warga Berdesakan Mengantri Demi Minyak Goreng Murah

“Harganya Insha Allah ini dibawah harga umum, seperti minyak goreng seharga 13.500 rupiah per liter,” ucap Lamidi.

Lamidi menambahkan untuk mengantisipasi antusias masyarakat yang akan membeli minyak goreng, DKPP Jatim telah menyediakan 3.000 liter minyak goreng khusus untuk acara Gelar Pangan Murah Berkualitas di Kota Tuban.

“Untuk masing-masing pembeli dibatasi 2 liter minyak goreng saja, kalau untuk beras Insha Allah stoknya banyak. Kegiatan ini hanya dilaksanakan satu hari saja, karena ini merupakan kegiatan Provinsi yang digelar di Kabupaten Tuban,” kata Lamidi.

Dari pantauan awak media ini, pada pukul 09.00 WIB atau satu jam setelah basar dibuka, stok gula pasir sudah habis, sedangkan untuk minyak goreng hingga berjalan dua jam atau pukul 10.00 WIB, stok sudah habis.

Baca Juga :   Kejagung Belum Temukan Aliran Dana Mafia Migor ke Parpol

Saat ditanya banyaknya warga yang mengantre untuk membeli minyak goreng, Lamidi mengungkapkan bahwa dari Pemprov Jatim memang dibatasi untuk jumlah barangnya.

“Ya ini antreannya banyak. Tapi yang minyak goreng karena dari Jatim dibatasi ini menipis. Untuk gula juga sudah habis. Kalau belinya cabai sama beras dan sebagainya masih cukup,” tutur Lamidi.

Salah satu warga asal Sleko Tuban bernama Eni (56) mengaku dirinya bersama rombongan tetangganya sudah mulai antre sejak pukul 07.00 WIB. Rencananya, selain hendak membeli minyak goreng, dirinya juga akan membeli kebutuhan lainnya.

“Sudah antre dari tadi ini jam 7, habis senam langsung ke sini. Takut kehabisan mbak, ini sudah antre dari tadi, diserobot sama orang-orang terus, khawatir gak kebagian,” ucapnya.  (pia)

MIXADVERT JASAPRO