REC PLN Semakin Diminat

JagatBisnis.com-PT PLN (Persero) mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui fasilitas Renewable Energy Certificate (REC) atau Sertifikat Energi Terbarukan. Komitmen tersebut diwujudkan dengan penandatanganan pembelian REC antara PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tegal dengan PT Winners International, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan ekspor tekstil, pada Kamis (10/3/2022).

Manager PLN UP3 Tegal, Suparje Wardiyono mengatakan, PT Winners International menyepakati pembelian REC selama 10 tahun sesuai dengan akumulasi pemakaian listrik selama tiga bulan. Satu unit REC setara dengan 1 Mega Watt hour (MWh). Adapun pemakaian listrik rata-rata PT Winners International sendiri sekitar 280 MWh per bulannya.

“Kami bersyukur, kesepakatan perjanjian jual beli Sertifikat Energi Terbarukan, bisa dicapai. Kami berharap dapat meningkatkan penetrasi energi terbarukan,” kata Suparje dalam keterangan tertulis, Minggu (13/3/2022).

Baca Juga :   Pelanggan Industri dan Bisnis Dipastikan Tak Terdampak Penyesuaian Tarif

Suparje menjelaskan, REC merupakan salah satu wujud komitmen pihaknya dalam mewujudkan target Net Zero Emission. Melalui pembelian ini, PT Winners International turut berkontribusi dalam mendukung pencapaian target bauran energi baru terbarukan di Indonesia sebesar 23 persen pada 2025.

Baca Juga :   Transisi Energi Membuat Ekonomi Bergeliat dan Kesejahteraan Melesat

Sementara itu, Perwakilan PT Winners International, Hardiyanto mengapresiasi PLN atas dukungan akan kebutuhan Energi Baru dan Terbarukan di lingkungan kerjanya. Dia pun berterima kasih kepada PLN UP3 Tegal yang telah melaksanakan MOU pembelian REC dengan PT Winners International terkait REC.

Baca Juga :   Dunia Dalam Keadaan Darurat Energi untuk Pertama Kali

“Tujuan kami adalah untuk mendapatkan pengakuan bahwa kami telah menggunakan energi listrik terbarukan,” tegas Hardiyanto. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO