PBB: Lebih dari 2,5 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina

JagatBisnis.com – Sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari lalu, sudah ada lebih dari 2,5 juta orang meninggalkan Ukraina dan 2 juta lainnya telah diusir dari rumah di negara itu. Oleh karena itu, PBB telah merencanakan kebutuhan kemanusiaan dengan asumsi sekitar 4 juta pengungsi Ukraina akan mencari keselamatan di luar negeri.

Baca Juga :   Zelensky Undang Erdogan dan Gutteres ke Ukraina

‘Namun, ada sekitar 200 ribu orang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga selama 24 jam terakhir,” Juru bicara badan pengungsi dunia (UNHCR) PBB, Matthew Saltmarsh, seperti dikutip, Sabtu (12/3/2022).

Dia menjelaskan, badan-badan kemanusiaan berebut untuk menyediakan fasilitas pemanas bagi ribuan pengungsi yang menunggu dalam suhu beku di perlintasan perbatasan Polandia. Ratusan ribu orang terperangkap di bawah pemboman besar-besaran di kota-kota besar dan kecil di seluruh Ukraina. Bahkan, hingga mereka kehabisan pasokan.

Baca Juga :   Jokowi Undang Presiden Ukraina ke KTT G20 di Bali

“Sementara itu, truk membawa ribuan selimut dan kasur termal ke arah lain. Kami juga berkoordinasi dengan urusan kemanusiaan untuk menyediakan layanan dukungan psikologis secara online dari ruang bawah tanah di Ukraina karena situasi keamanan,” ungkapnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO