Wapres AS Kamala Harris Kunjungi Rumania, Ini yang Dibahas

Wakil Presiden AS Kamala Harris saat bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh di Kantor Pemerintah di Hanoi, Vietnam, Rabu (25/8).

JagatBisnis.com – Wakil Presiden AS Kamala Harris akan berkunjung ke Rumania pada Jumat (11/3) untuk membahas krisis pengungsi Ukraina yang kian berkembang di sana. Dikutip dari Reuters, Harris dijadwalkan akan bertemu Presiden Klaus Iohannis di Bucharest, pemberhentian kedua dalam perjalanan tiga harinya di Eropa Timur.

Sebelumnya, Harris bertemu dengan pemimpin Polandia dan pengungsi Ukraina di Warsawa pada Kamis (10/3). Dalam kunjungannya, ia menawarkan dukungan AS untuk menyerukan penyelidikan kejahatan perang internasional terhadap Rusia.

Presiden Polandia Andrzej Duda meminta lebih banyak bantuan untuk menampung dan memberi makan orang-orang Ukraina yang melarikan diri dari konflik di negara mereka.

Baca Juga :   Tentara Rusia Divonis Penjara Seumur Hidup karena Bunuh Warga Sipil

Duda juga mengungkapkan telah meminta Harris agar Washington mempercepat proses bagi para pengungsi yang berusaha pergi ke AS dan mungkin memiliki keluarga di sana.

Baca Juga :   Hari Pertama Invasi Rusia, 137 Tentara Ukraina Tewas

Sekitar 1,43 juta orang Ukraina telah melarikan diri ke Polandia sejak invasi dimulai pada 24 Februari. Sedangkan lebih dari 291.081 orang Ukraina telah melarikan diri ke Rumania.

Baca Juga :   Dampak Perang Rusia dan Ukraina, Negara Eropa Ingin Ada Wajib Militer

Berdasarkan data PBB pada 10 Maret, ada sebanyak 2,3 juta warga Ukraina yang meninggalkan negaranya. PBB memperingatkan angka ini bisa meningkat hingga 5 juta jiwa dan akan menimbulkan krisis pengungsi terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II. (pia)

MIXADVERT JASAPRO