Peran Ibu di Era Digital Semakin Kritis

JagatBisnis.com  – Banyak informasi yang diterima di era digital, membuat para ibu semakin kritis dalam berpikir. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Dokter ahli kandungan (obgyn) Rumah Sakit Kanker Nasional Dharmais dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG.

Dinda mengatakan ibu di era digital menjadi semakin kritis dan menginginkan informasi cepat atas pertanyaan seputar kehamilan hingga parenting dan motherhood.

“Para ibu masa kini bisa dibilang sangat jeli dalam mencari informasi dan menerima informasi baik secara online maupun informasi dari sumber lainnya. Selain itu, mereka juga selalu ingin tahu solusi cerdas dari permasalahan yang sedang mereka alami secara cepat,” kata dr. Dinda, di Jakarta, Kamis, (10/03/2022).

Baca Juga :   Google Bubarkan Tim Game Studio Stadia

“Namun, tak jarang pula ibu menjadi overwhelmed (kewalahan) dengan derasnya informasi yang mudah ia dapatkan tersebut,” imbuh dokter ahli kandungan lulusan Universitas Indonesia itu.

Baca Juga :   Bagaimana Jadinya Bila Indonesia Terapkan 5G

Karakteristik ini, lanjut dia, mendorong para ibu muda ini untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk kemudian disaring dengan validasi dari dokter.

Psikolog keluarga dan anak Samanta Elsener, M.Psi menambahkan, selain pentingnya mendapatkan informasi yang terpercaya, adanya dukungan yang mampu diandalkan juga mempermudah perjalanan ibu serta menjaga kebahagiaannya.

“Para ibu membutuhkan sumber dukungan terpercaya sehingga mampu menyeimbangi waktunya untuk dapat menjalani perannya sebagai ibu dengan sebaik mungkin,” kata Samanta.

Baca Juga :   Era Digital, Kejahatan Keuangan Makin Marak

“Selain mendapatkan dukungan dari keluarga, kerabat maupun dari platform digital, perlu diketahui juga bahwa ibu yang bahagia adalah ibu yang bisa memberikan yang terbaik bagi anaknya. Untuk mencapai hal tersebut penting bagi ibu untuk memperhatikan dirinya (self-care) serta mencintai dirinya sendiri (self-love),” imbuhnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO