Tekno  

Pemintaan Talenta Teknologi dan Digital Alami Peningkatan

JagatBisnis.com – Permintaan talenta di bidang teknologi informasi (TI) dan digital mengalami peningkatan. Hal itu seiring dengan kebutuhan perusahaan melakukan percepatan transformasi digital. Namun, peningkatan permintaan tersebut tidak dibarengi dengan pertumbuhan talenta yang seimbang.

“Ini bakalan hot terus-menerus sampai mungkin 10 tahun ke depan karena semua perusahaan atau bisnis, bahkan sebagai personal pun, harus terus-menerus bertransformasi secara digital agar kita terus bertumbuh,” kata Country Marketing Manager JobStreet Indonesia Sawitri Hertoto dalam konferensi pers yang diadakan secara virtual, Selasa (8/3/2022).

Dia menjelaskan, persentase jumlah iklan lowongan pekerjaan bidang teknologi dan digital di JobStreet terus mengalami kenaikan mulai dari kuartal pertama hingga kuartal keempat 2021. Pada kuartal keempat tahun lalu, persentasenya mencapai 14,5 persen. Selain itu, persentase jumlah pelamar di bidang tersebut mengalami penurunan pada periode yang sama. Penurunan jumlah pelamar turun 16,5 persen pada kuartal keempat tahun lalu.

Baca Juga :   Survei Populix: Top 30 Start-up Teknologi di Indonesia

“Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan platform digital sehingga permintaan talenta yang dibutuhkan pun meningkat. Perusahaan yang membutuhkan talenta tersebut tidak hanya perusahaan yang berfokus di bidang teknologi, tetapi juga perusahaan konvensional yang telah menyadari pentingnya untuk bertransformasi secara digital,” ungkap Sawitri.
Sawitri menyarankan agar para pencari kerja memperkuat keahlian dalam bidang teknologi dan digital untuk bisa bersaing mulai dari proses melamar kerja hingga saat sudah mulai bekerja. Pekerjaan bidang TI dan digital termasuk dalam 10 spesialisasi yang paling dicari, seperti digital marketing dengan angka pertumbuhan kebutuhan sebesar 66 persen dan IT/komputer sebesar 34 persen.

Baca Juga :   Penelitian Terbaru: Drone Ternyata Bisa Terbang Mandiri Lintasi Hutan

“Adapun pekerjaan bidang TI yang paling banyak dicari menurut JobStreet termasuk programmer, web developer, IT support staff, technical support, network engineer, system engineer, dan sebagainya. Sementara pekerjaan bidang digital yang banyak dicari seperti digital marketing specialist dan content creator, e-commerce specialist,” bebernya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO