Ini Penyebab Banjir dan Longsor di Minahasa Selatan

JagatBisnis.com – Cuaca ekstrem terutama hujan yang turun dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir, menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diterjang banjir dan tanah longsor .

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Rehabilitas dan Rekonstruksi, Kabupaten Minsel, Harits Lokas. Menurutnya, juga mengakibatkan struktur tanah menjadi labil dan akhirnya terjadi longsor.

Sementara itu, untuk mempercepat penanganan banjir dan longsor tersebut, Harits mengatakan jika pihaknya bekerjasama dengan unsur TNI, Polri, pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan relawan penanggulangan bencana, aktif berada di lapangan untuk mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga :   Genangan Air dan Banjir, Anies: Itu Sangat Berbahaya BukanTempat Bermain

“Selain melakukan pendataan, kami juga melakukan pembersihan material lumpur dengan peralatan terbatas. Juga disalurkan bantuan untuk warga terdampak,” kata Harits, Senin (7/3).

Baca Juga :   Dua Lajur Ditutup Akibat Tol Surabaya-Gempol Longsor di KM 06+200

Banyaknya lokasi terdampak bencana tersebut, menurut Lokas menyebabkan tanggung jawab tidak hanya ke BPBD, tapi melibatkan seluruh instansi terkait.

“Saya mengimbau kepada seluruh unsur pemangku kebijakan di daerah serta masyarakat, agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap banjir dan longsor susulan,” ujar Lokas.

Baca Juga :   Gunung Salak Tidak Terbelah, Tapi Longsor yang Panjang

Untuk diketahui, banjir telah menyebabkan sejumlah rumah tergenang dan longsor selain menutup jalan di sejumlah titik, juga merusak beberapa rumah. (pia)

MIXADVERT JASAPRO