Ekbis  

Pastikan Tidak Ada Belanja Panik, Ketua DPR RI Kunjungi Penerima Fasilitas Kawasan Berikat di Gresik

JagatBisnis.com –   Dalam menjaga stabilitas harga minyak goreng nasional dan menghindari masyarakat melakukan belanja panik ( panic buying), Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengunjungi PT Wilmar Nabati Indonesia, Rabu (02/03/2022). Dalam kunjungan kerja tersebut, Puan menyaksikan langsung proses produksi hingga pengepakan minyak goreng.

Kepala Kantor Bea Cukai Gresik, Bier Budy Kismulyanto, mengungkapkan bahwa kunjungan Ketua DPR ini untuk melihat kondisi pasar minyak goreng di Kabupaten Gresik. “PT Wilmar Nabati Nabati Indonesia merupakan salah satu produsen minyak goreng terbesar di Indonesia. Produk yang dipasarkan tak hanya dalam negeri namun juga untuk tujuan ekspor. Pada tahun 2021 saja nilai ekspor PT Wilmar mencapai lebih dari 18 triliun rupiah,” imbuh Bier.

Bier menambahkan bahwa PT Wilmar Nabati Indonesia merupakan salah satu perusahaan pengguna fasilitas kawasan berikat. Kawasan berikat merupakan tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean guna diolah atau digabungkan yang hasilnya terutama untuk diekspor. Manfaat yang diperoleh perusahaan antara lain penangguhan bea masuk serta tidak dipungut Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Baca Juga :   Langkah Bea Cukai Dorong Potensi Ekspor di Berbagai Daerah

“Melalui kunjungan kerja Ketua DPR RI ke Kabupaten Gresik, kami berharap kelangkaan minyak goreng dalam negeri dapat teratasi. Selain itu, kami juga berharap PT Wilmar Nabati Indonesia selaku pengguna fasilitas dari Bea Cukai, dapat memanfaatkan fasilitas dengan optimal agar dapat membantu masyarakat Indonesia,” pungkas Bier.(srv)

MIXADVERT JASAPRO