Ada 1.500 Produk UMKM Akan Dipamerkan di Ajang MotoGP Mandalika

JagatBisnis.com –  Sebanyak 1.500 lebih produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan dari 14 provinsi akan dipamerkan ajang MotoGP Mandalika. Pameran UMKM itu akan digelar mulai Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022) mendatang. Adapun produk yang dipamerkan, di antaranya kategori otomotif, merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages.

“Dengan semangat kolaborasi dengan berbagai pihak, lebih dari 1.500 UMKM akan menampilkan produknya pada event MotoGP Mandalika,” kata- Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, dalam Opening Ceremony UMKM Goes To Mandalika di Jakarta, Minggu (6/3/2022), seperti dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (7/3/2022).

Menurutnya, event MotoGP merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan seluruh pelaku UMKM untuk promosi. UMKM Indonesia harus menunjukkan potensi di kancah internasional untuk menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas.

Baca Juga :   Teten: Koperasi Multi Pihak jadi Alternatif Bisnis untuk Milenial

“Event pameran UMKM otomotif dan travel ini merupakan rangkaian promosi UMKM dan jasa pariwisata dalam mendukung event MotoGP Mandalika. Oleh sebab itu, kita harus menunjukkan produk UMKM kita memiliki kualitas, daya saing dan mampu masuk dalam rantai nilai nasional maupun global,” ungkapnya.

Baca Juga :   Penyusunan Draf RUU Perkoperasian Ditargetkan Rampung Oktober 2022

Dia menambahkan, UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif di antaranya sebagai suplier part atau komponen kendaraan. Sehingga UMKM harus turut serta dalam pertumbuhan industri ini. Pada 2021 lalu, industri otomotif juga mengalami peningkatan sebesar 17,82 persen, serta menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri.

Baca Juga :   KemenKopUKM Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi Tenaga Pendamping KUMKM

“Hal itu menunjukkan demand pasar otomotif masih tinggi. Membaiknya industri otomotif secara otomatis mampu meningkatkan sektor lainnya termasuk UMKM,” ujarnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO