Kominfo Siapkan Infrastruktur 5G untuk Kota Pintar di IKN Nusantara

JagatBisnis.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun infrastruktur untuk mendukung penerapan teknologi 5G di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembangunan 5G di IKN Nusantara diharapkan dapat mendorong pengembangan kota pintar di IKN Nusantara.

“Tahun ini , kami akan mengadakan lelang spektrum. IKN baru akan menjadi ibu kota yang didukung penuh oleh 5G. Oleh karena itu, kami perlu membangun infrastruktur teknologi, informasi, komunikasi (TIK) untuk mendukung operasi 5G di kota otonom,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, dalam keterangan tertulis, Minggu (6/03/2022).

Sementara itu, Vice President Huawei untuk Kawasan Asia-Pasifik Jay Chen mengatakan Indonesia berada di jalur cepat adopsi teknologi 5G. Di mana implementasi dan penggunaannya secara penuh dapat menjadi game-changer dan solusi mendasar, baik untuk kota pintar, tata kelola, transportasi, sektor pertambangan, atau perawatan kesehatan.

Baca Juga :   Percepatan Digital Smart-Office, Huawei Luncurkan IdeaHub Series

“Kami pun mendukung Indonesia dalam mewujudkan transformasi digital. Dengan penelitian dan pengembangan komprehensif dalam teknologi 5G sejak 2009, kami dapat mendukung Indonesia dalam mewujudkan tujuan tersebut,” tuturnya.

Baca Juga :   Masyarakat Dimungkinkan Patungan untuk Danai IKN Nusantara

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus berkontribusi untuk memberikan nilai tambah ekosistem digital Indonesia, melalui penguatan infrastruktur 5G dan Cloud, penyiapan talenta digital, dan inisiatif lain.

Baca Juga :   Kominfo Kaji Penyetopan Sementara Layanan Pinjol Baru

“Ke depannya, kami akan menjajaki lebih jauh ke dalam kolaborasi untuk mendukung perekonomian Indonesia dan industri telekomunikasi untuk melangkah lebih jauh,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO