Vaksinasi Dosis 2 Penuhi Target

JagatBisnis.com –  Pencapaian vaksinasi dosis kedua di Tanah Air sudah melampaui target sasaran vaksinasi nasional. Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, vaksinasi dosis 2 telah berada di level 70,38 persen atau 146.577.204 dosis, dari target sasaran 208.265.720 penduduk. Selain itu, pasien rumah sakit secara nasional juga turun dari level 32 persen pada 3 Maret 2022 menjadi 31 persen pada 4 Maret 2022.

Baca Juga :   Sudah Vaksin Kedua, Naik Kendaraan Umum Tak Perlu PCR

“Capaian tersebut merupakan target dari 208.265.720 penduduk. Sehingga capaian vaksinasi itu, bukanlah sasaran dari 70 persen yang ditargetkan pemerintah. Maka, total sasaran vaksinasi di Indonesia saat ini masih 63 persen,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, dalam laman resmi Kemenkes, dikutip, Sabtu (5/3/2022).

Dia menjelaskan, sebagai salah satu strategi kunci menekan Covid-19 di Indonesia, percepatan dan perluasan cakupan vaksinasi nasional terus dilakukan. Karana capaian vaksinasi dosis 2 menjadi penting dalam usaha penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga :   Sudah Vaksin Kedua, Naik Kendaraan Umum Tak Perlu PCR

“Tapi, perjalanan kita belum selesai sampai di sini. Sebab, pemerintah masih akan menyusun strategi mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Dalam hal ini, kami diminta untuk menyiapkan secara matang dengan memperhatikan pendekatan baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga :   Sudah Vaksin Kedua, Naik Kendaraan Umum Tak Perlu PCR

Dia mengaku, optimitis kasus Covid-19 di Indonesia bisa beralih dari status pandemi ke status endemi. Tapi ada tahapan yang perlu dilewati, sebelum memasuki era endemi yaitu pandemi terkendali, masuk ke praendemi dan baru ke status endemi.
“Kalau siap memasuki endemi tentu kita optimistis untuk masuk ke endemi tetap ada tahapannya,” pungkas dia. (*/eva)