Setahun, KRL Jogja-Solo Layani 2 Juta Penumpang

JagatBisnis.com – Baru setahun beroperasi, Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo telah melayani sebanyak 2 juta pernumpang. Antusiasme penumpang terus mengalami peningkatan. Ini menunjukkan, masyarakat yang memanfaatkan KRL itu cukup tinggi, meski di tengah pandemi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kehadiran KRL yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 1 Maret 2021 lalu merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun transportasi masa depan yang berkelanjutan. Apalagi, kawasan aglomerasi Jogja-Solo memiliki potensi wisata yang luar biasa.

“Sebelum ada kereta, masyarakat Solo-Jogja mengandalkan transportasi jalan untuk mobilitas sehari-hari. Sehingga kehadiran KRL tersebut mampu mengurangi tingginya emisi dan polusi udara. Kehadiran KRL berkontribusi menekan angka konsumsi BBM hingga 51,7 persen,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/3/2022).

Baca Juga :   PT KAI Gandeng Kejari Magelang Tangani Masalah Aset

Oleh karena itu, pihaknya berharap tingkat peralihan minat masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke KRL mencapai 50 persen. Maka, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Jogja-Solo dan sekitarnya untuk memanfaatkan fasilitas KRL dengan maksimal. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, operator, dan juga para pemangku kepentingan agar angkutan massal ini bisa semakin terintegrasi dengan moda sehingga semakin mudah diakses.

Baca Juga :   KAI Commuter Targetkan Angkut 1 Juta Penumpang per Hari di 2023

“Jalur KRL dapat terus diperpanjang agar semakin banyak daerah yang dilayani dan turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah yang dilalui,” tutup dia. (*/esa)