470 Atlet Ikuti Kejuaraan Renang Magelang Cup 2022

Prosesi pembukaan kejuaraan renang di Kota Magelang yang digelar di tengah PPKM Level 4, kejuaraan untuk meningkatkan prestasi atlet

JagatBisnis.com – Sebanyak 470 peserta renang dari 82 klub turut memeriahkan Kejuaraan Antar Perkumpulan se-Indonesia Wali Kota Magelang Cup Tahun 2022 yang digelar PRSI bekerja sama dengan PWI Kota Magelang di Aquatic Samapta Stadium, komplek Gelora Sanden, 4-6 Maret 2022.

Ketua Panitia Kegiatan Agus Hadianto mengatakan, peserta berasal dari 13 provinsi se-Indonesia. Antusias mereka begitu tinggi karena selama pandemi COVID-19, nyaris tidak ada gelaran kompetisi.

“Kami ingin membangkitkan olahraga renang di Kota sehingga akan muncul bibit-bibit dan talenta muda di olahraga renang,” katanya, Jumat (4/3/2022).

Ia menuturkan, karena masih dalam suasana pandemi, maka kejuaraan pun dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Sebelum datang, peserta maupun official dan wali atlet harus menjalani tes swab antigen. Setelah mendapatkan hasil negatif, mereka

Baca Juga :   Catur Sumbang Emas Kedua Kontingen Banten

berhak mendapatkan kartu tanda,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi yang pertama kalinya di Kota Magelang, menggelar event olahraga renang dengan skema tingkat nasional. Tidak hanya dari pulau Jawa, kejuaraan ini juga diikuti klub-klub renang asal luar Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan Bali.

Setiap pertandingan di Aquatic Samapta Stadium itu steril dari audiens. Wali atlet hanya diperbolehkan menyaksikan dari luar kolam. Hal ini merupakan bagian dari upaya agar tidak terjadi penumpukan. Apalagi Kota Magelang level 4 PPKM, jadi tidak ada penonton yang boleh masuk di area perlombaan.

Wali Kota Magelang HM Nur Aziz saat membuka acara tersebut mengaku bangga para wartawan yang bertugas di wilayahnya mampu andil meramaikan sekaligus mempromosikan Kota Magelang.

Baca Juga :   MU Selesaikan Transfer Ronaldo di Kebun Rumah Nya

“Saya salut dengan kawan-kawan PWI, mampu membuat narasi untuk meramaikan Kota Magelang,” katanya.

Ia mengaku jika saat ini Kota Magelang berada di level 4 PPKM. Namun sesuai aturannya, kegiatan perlombaan seperti ini tetap bisa digelar dengan pembatasan dan prokes ketat.

“Saya harap prokes ketatnya tetap dijalankan. Kita berada di level 4 tapi Alhamdulillah sesuai ketentuan tetap boleh dengan kapasitas 25 persen. Samapta Aquatic sendiri punya kapasitas 3.000 orang, dan yang mengikutinya ada 500-an sehingga venue kita masih sangat mencukupi untuk prokes,” tandasnya.

Dia ingin, perlombaan renang seperti ini bisa digelar secara rutin setiap tahun. Dia meminta agar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) turut memberikan dukungan. Ia berharap dengan dirutinkan perlombaan seperti ini, akan membuat talenta-talenta muda perenang profesional di Kota Magelang mampu mendulang prestasi tingkat regional dan nasional. Nantinya mereka bisa membawa nama harum bagi Kota Getuk ini.

Baca Juga :   Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Dikukuhkan

Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS menyebutkan, wartawan memang turut mendapatkan tugas untuk memajukan bidang olahraga. Hal ini guna mendongkrak prestasi olahraga di Jawa Tengah.

“PWI di semua daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah harus mampu memberi kontribusi, kepedulian terhadap bidang olahraga di Jawa Tengah. Dengan adanya kegiatan semacam ini, berarti wartawan tidak saja ahli menyusun kalimat-kalimat informasi, tetapi juga mampu menjadi pioner dalam membangkitkan prestasi olahraga di Jawa Tengah dan nasional,” katanya.  (pia)

MIXADVERT JASAPRO