Waspada, Minyak Goreng Palsu Marak Beredar

JagatBisnis.com – Seorang pria yang membagikan pengalaman membeli goreng kiloan baru-baru ini bikin heboh. Bukan tanpa sebab, minyak goreng tersebut diduga palsu lantaran saat digunakan berubah jadi lengket bak lilin cair.

Momen tersebut dibagikan Raihan Gaurifa akun @raihangaurifa di TikTok, pada Senin (28/2/2022). Dalam video berdurasi kurang dari semenit, tampak Raihan tengah mengoseng-oseng cairan kental berwarna coklat.

Adapun Raihan kemudian menceritakan bahwa ia membeli minyak per kiloan, tapi ternyata isinya disebut palsu. Alih-alih minyak baru, ia mendapatkan oplosan yang ketika dipanaskan menjadi lengket seperti lilin cair.

“Buat kalian yang beli-beli minyak per kiloan sekarang, yang nyari-nyari minyak per kiloan, hati-hati, ya. Ini minyak saya ada kedapatan ini minyak oplosan,” kata Raihan.

Diceritakan pula prosesnya, ketika dipanaskan minyak menjadi merah dan mengeluarkan bau seperti lilin. Setelah ditunggu dingin, rupanya pun menjadi seperti cairan lilin nan kental berwarna coklat.

Ia lalu mengunggah video lain yang memperlihatkan ketika palsu itu belum dipakai. Selain warnanya yang kuning kemerahan, Raihan juga menunjukkan keanehan lain di bagian bawah terdapat cairan bening. Dari sana ia sadar minyak itu sudah dioplos.

“Hati-hati kalian semua, ya, saya sudah kena ini,” kata Raihan. “Ketahuan dia kalau ini minyak oplosan,” lanjutnya.

Dari keterangan pengunggah di kolom komentar, diketahui peristiwa tersebut terjadi di Nias, Sumatra Utara. Kini videonya pun , ditonton hingga lebih dari 2,7 juta kali dan direspons lebih dari 200 ribu orang. Beragam komentar diberikan, kebanyakan yang heran.

“Itu minyak jelantah dikasih cairan khusus biar bening balik. Pakde gua juga pernah mau dibeli minyak bekasnya, tapi pakde gua enggak mau jual karena tau,” ujar akun @akb4rxy.

“Sama, Bang. Dibiarin malah kayak beku,” sebut akun @fahrikuceng7.

“Lebih baik beli minyak mahal tapi bagus daripada murah minyaknya gak bagus,” kata akun @malaikatizrail101. (pia)

MIXADVERT JASAPRO