Tekan Emisi Karbon, PLN Pakai Sekam Padi Buat Campuran Bahan Bakar PLTU

JagatBisnis.com –  PT PLN Persero akan memanfaatkan sekam padi untuk campuran bahan bakar pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Hal itu dilakukan untuk mengerangi emisi karbon dari aktivitas pembakaran batu bara.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya menggandeng PT Sang Hyang Seri (SHS) untuk mengembangkan sekam padi. Karena selama ini sekam padi menjadi bahan baku biomassa untuk program co-firing PLTU.

“Kerja sama PLN dan SHS menjadi langkah bersama untuk menekan emisi karbon. Selain itu, juga bisa meningkatkan efisiensi dua BUMN dalam mengelola limbah menjadi bahan bernilai,” kata Darmawan dalam keterangan tertulis. Jakarta, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga :   PLN Beri Penjelasan Usai Pasha Unggu Ngamuk di Proyek Galian Depok

Dia menjelaskan, sekam padi merupakan salah satu bahan baku yang bisa diolah menjadi biomassa. Hingga 2025, pihaknya membutuhkan kurang lebih 10,2 juta ton biomassa untuk menjadi substitusi 10 persen kebutuhan batu bara di pembangkit listrik.

Baca Juga :   PLN Jamin Pembangkit Listrik Tak Krisis Batu Bara

Sementara itu, Direktur Utama Sang Hyang Seri Maryono mengungkapkan, kerja sama itu sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan oleh perusahaannya. Apalagi, selama ini dalam mengelola sawah dengan hasil sebesar 55 juta ton per tahun ada tumpukan sekam sebesar 11 juta ton.

Baca Juga :   PLN Salurkan Listrik Gratis untuk Warga Banyumas

“Kami akan mengolah sekam menjadi bentuk pelet yang bisa digunakan PLN untuk program co-firing,” ujar Maryono.(*/eva)

MIXADVERT JASAPRO