PLN Gandeng Perhutani Amakan Pasokan Biomassa untuk Dua PLTU

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) bekerja sama dengan PT Perhutani untuk memastikan pasokan bahan biomassa untuk program co-firing PLTU berjalan lancar. Kebutuhan biomassa untuk dua PLTU, yaitu PLTU Pelabuhan Ratu dan PLTU Rembang akan dipasok oleh Perhutani. Rencananya, pasokan biomassa ke PLTU akan dimulai pada Desember 2022 mendatang.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, sinergi dua BUMN ini merupakan upaya bersama untuk menekan emisi karbon dan mencapai net zero emission pada 2060 mendatang. Kerja sama ini sebagai proyek yang akan dipamerkan dalam perhelatan KTT G20 November mendatang.

“Co-firing pada PLTU merupakan salah satu upaya PLN untuk mendukung capaian target EBT sebesar 23 persen dalam bauran energi pada 2025 dan net zero emission pada tahun 2060,” kata Darmawan, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga :   Sukses di KTT G20, PLN juga Jamin Keandalan Listrik di Wilayah

Diungkapkan, hingga 2025 mendatang pihaknya membutuhkan kurang lebih 10,2 juta ton biomassa untuk menjadi substitusi 10 persen kebutuhan batu bara di PLTU. Tak hanya berdampak pada lingkungan, penggunaan biomassa dalam PLTU ini juga memberikan multiplier effect, yaitu membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :   Kelebihan Pasokan Listrik, PLN Akan Bangun Sistem Penyimpanan Energi

“Melalui program co-firing batu bara dengan biomassa ini kami bisa mengubah rantai pasok yang biasanya berbasis korporasi, menjadi berbasis kekuatan rakyat,” tambah Darmawan.

Baca Juga :   PLN Normalkan 31 Unit Gardu Listrik Rusak Akibat Longsor di Cianjur

Sementara, Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro menjelaskan, melalui kerjasama ini, nantinya pihaknya akan memasok kebutuhan biomassa dua PLTU PLN untuk PLTU Pelabuhan Ratu sebesar 11.500 ton per tahun.

“Untuk bisa meningkatkan efisiensi juga kami membangun pabrik pengolahan tanaman kaliandra dan gamal menjadi serbuk kayu di wilayah Sukabumi untuk mendekati PLTU,” pungkas Wahyu. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO