Pemprov DKI Kirim Relawan Bantu Korban Gempa Pasaman Barat

JagatBisnis.com –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberangkatkan Satgas Kolaborasi Kemanusiaan untuk membantu gempa bumi di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Pasukan Satgas ini berjumlah 80 orang terdiri dari berbagai unsur kolaborasi perangkat daerah dan institusi lainnya. Apel pelepasan berlangsung di Kantor BPBD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (1/3/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, pengiriman Satgas ini juga merupakan bentuk solidaritas. Maka, para anggota Satgas nantinya akan mewakili Pemprov DKI Jakarta, warga Jakarta dan saudara sebangsa untuk membantu para korban yang terdampak bencana gempa di Pasaman Barat.

“Atas nama Pemprov DKI dan seluruh warga Jakarta. Hadir ke sana untuk membantu meringankan beban, mengisi kekurangan, Insya Allah saudara kita di Pasaman Barat akan bisa bangkit pulih dan menjalankan kehidupan semula,” kata Anies, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga :   Antisipasi Banjir DKI, Kali Sunter dan Mookevart Dikeruk

Dia menjelaskan, misi kemanusiaan ini akan berlangsung selama 10 hari, mulai Selasa (1/3/2022) hingga Rabu (10/3/2022). Satgas membawa berbagai bantuan peralatan dan logistik. Di antaranya terpal, matras tidur, makanan siap saji, masker kain dan logistik lainnya.

Baca Juga :   Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda, Pemprov DKI Luncurkan Buku Dandang Betawi

“Selain itu, Satgas ini juga akan memberikan dukungan pemulihan terhadap sarana dan prasarana terdampak gempa bumi serta layanan dukungan psikososial (LDP) dan layanan kesehatan bagi para penyintas, imbuhnya.

Baca Juga :   Pemprov DKI Beri Pemutihan Pajak Kendaraan Jakarta

Pada kesempatan Ini, Anis juga berpesan agar para anggota Satgas yang bertugas dapat meninggalkan kesan positif dan membantu warga menyelesaikan berbagai keluhan terkait bencana gempa.

“Harapannya, akan muncul perasaan dan suasana yang positif dan kondusif. Sehingga mempercepat masyarakat Pasaman Barat dapat bangkit dan pulih,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO