Begini Sikap Resmi Indonesia Terhadap Perang Rusia-Ukraina

JagatBisnis.com –  Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah menyampaikan sikap resmi terkait perang antara Rusia-Ukraina yang saat ini sedang membara. Karena kedua negara tersebut adalah sahabat dekat Indonesia dan kedua negara itu tetap memegang prinsip kebijakan luar negeri yang bebas aktif.

“Makanya, kita ingin membangun persahabatan yang lebih kuat dengan kedua negara tersebut. Oleh sebab itu, kita harus melihat situasi yang berkembang di Ukraina ini secara jernih,” kata Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi, Rabu (2/3/2022).

Retno mengaku, sudah melakukan pembicaraan via telepon dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba dan Menlu Rusia Sergey Lavrov. Karena konstitusi Indonesia memandatkan agar Indonesia ikut menjaga perdamaian dunia. Perdamaian tidak dapat terwujud jika terjadi perang.

Baca Juga :   Inilah Tiga Tantangan yang Harus Ditaklukan Dunia, Termasuk Indonesia

“Kebijakan politik luar negeri Indonesia selalu konsisten. Sampai pada penerapan hukum internasional dan piagam PBB, termasuk masalah penghormatan integritas wilayah dan penghormatan terhadap kedaulatan. Prinsip ini harus dihormati oleh semua negara. Karena prinsip ini dijunjung tinggi oleh Indonesia,” paparnya.

Baca Juga :   Beri Ruang Kaum LGBT Berekspresi, TikTok Dituntut Rusia

Retno menjelaskan, selain menekankan prinsip tersebut, hal utama yang harus menjadi perhatian Indonesia adalah de-eskalasi dan masalah kemanusiaan. Hal itu tertera dalam konstitusi Indonesia untuk perdamaian.

Baca Juga :   PBB: Lebih dari 2,5 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina

“Kita berharap, pembicaraan antara Ukraina dan Rusia dapat membuahkan hasil yang baik. Selain itu, saving human life menjadi prioritas. Safe passage menjadi kebutuhan utama dan harus dijamin,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO