Prancis Sita Kapal Kargo Rusia

JagatBisnis.com-Sebuah kapal kargo Rusia telah dicegat di Selat Inggris oleh otoritas Prancis. Kapal kargio tersebut dicurigai melanggar sanksi Uni Eropa yang dijatuhkan setelah serangan militer Moskow di Ukraina. Kapal yang berangkat dari Rouen, Normandia menuju St. Petersburg, Rusia itu mengangkut mobil. Ketika dialihkan ke pelabuhan Boulogne-sur-Mer di Prancis utara pada Sabtu dini hari.

Baca Juga :   Rusia Usir Diplomat Top AS dari Moskow

Kantor pers dari Prefektur Maritim Channel, Kapten Veronique Magnin mengatakan, kapal kargo bernama Baltic Leader diduga kuat terkait dengan kepentingan Rusia yang ditargetkan oleh sanksi. Kapal itu dihentikan di Selat Inggris dan dialihkan ke Pelabuhan Boulogne-sur-Mer di Prancis Utara, Sabtu (26/2/2022).

“Saat pemeriksaan di atas kapal sedang dilakukan dan kru kapal bertindak kooperatif. Lalu, kapal itu diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan Prancis untuk penyelidikan lebih lanjut. Kedutaan Rusia di Prancis pun mengkonfirmasi penahanan kapal tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga :   Orang-orang Kaya Rusia Melarikan Diri ke Dubai

Sementara itu, Kedutaan Rusia mengatakan, pihaknya berencana untuk mengirim nota protes ke Kementerian Luar Negeri Prancis dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi 19 kru kapal yang memiliki izin untuk berlayar di perairan Prancis. (*/esa)