Fosil Dinosaurus Ditemukan di Argentina

JagatBisnis.com-Ilmuwan berhasil mengangkat fosil dinosaurus yang memiliki lengan kecil di Argentina. Fosil itu ditemukan di provinsi Salta, Argentina. Diperkirakan hewan langka itu hidup 70 juta tahun yang lalu. Dinosaurus itu bernama Guemesia ochoai, berasal dari Zaman Kapur. Nama Guemesia ochoai berasal dari pahlawan Argentina, Martin Miguel de Guemes, dan pekerja museum yang menemukan fosil ini, Javier Ochoa.

Baca Juga :   Fosil Dinosaurus yang Menginspirasi Film Jurassic Park Terjual Rp181 Miliar

Peneliti dewan sains Argentina CONICET, Federico Agnolin, menjelaskan para ilmuwan menduga hewan besar ini merupakan karnivora dari grup abelisaurus, yang berjalan dengan dua kaki dan memiliki tangan kecil. Posturnya lebih kecil dibandingkan Tyrannosaurus-rex di Amerika Utara.

“Ini sangat unik dan sangat berbeda dengan dinosaurus karnivora lainnya. Kami paham, kalau kami sedang berhadapan dengan spesies yang benar-benar baru. Diperkirakan dinosaurus itu berusia muda,” katanya seperti dikutip, Minggu (27/2/2022).

Baca Juga :   Giliran Argentina Laporkan Kasus Pertama Omicron

Dia menjelaskan, abelisaurus menjelajah wilayah yang kini merupakan Afrika, Amerika Selatan dan India. Beberapa spesies abelisaurus digali di Argentina, kebanyakan berada di Patagonia selatan. Sedangkan, Guemesia ochoai, memiliki penciuman yang tajam dan rabun jauh.

Baca Juga :   Ilmuwan Chili Pertama Kali Temukan Fosil Ichthyosaurus Utuh dalam Kondisi Hamil

“Beberapa ilmuwan berpikir hewan ini memburu mangsa dengan menyerang menggunakan kepala. Ukuran tangan kecil ini mengharuskan dinosaurus mengandalkan kepala dan rahang,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO