Optimistis Penyaluran Bansos Selesai Awal Maret

JagatBisnis.com –  Pemerintah terus mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos). Saat ini, terlihat dari pencapaian penyaluran bansos, baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Sembako, rata-rata sudah di atas 30 persen.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, pihaknya optimistis target 100 penyaluran bansos dapat tercapai setidaknya pada minggu pertama Maret. Diharapkan 3 Maret mendatang, semua bansos penyalurannya bisa selesai. Karena, pihaknya juga telah berusaha maksimal dengan melakukan berbagai langkah efektif untuk dapat mencapai target tersebut.

“Ini sudah sangat super khusus. Kenaikan rata-rata perhari (penyaluran bansos) sudah bagus. Paling tidak, kami berharap awal minggu pertama bulan Maret sudah tercapai. Kalau tidak 100 persen, biasa itu masih ada sisanya, nanti akan kami kejar,” kata Muhadjir, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga :   Jokowi Desak Bansos Dipercepat Pekan Ini dan Tambah Paket Obat

Muhadjir pun meminta kepada pemerintah daerah seluruh Indonesia agar dapat ikut memantau dan mengecek secara detail distribusi bansos di daerah masing-masing. Bahkan, bukan hanya sampai pada penyaluran diterima tetapi memastikan bansos tersebut telah dimanfaatkan oleh KPM.

Baca Juga :   Hore! Bansos DKI Cair Bulan Ketiga Juli, Sebesar Rp600 Ribu

“Yang lambat supaya dikawal, didorong terutama dari pihak Bank Himbara ataupun PT Pos agar betul-betul sampai kepada yang berhak. Bansos ini harus benar-benar telah sampai diterima dan dimanfaatkan oleh KPM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kami juga meminta Bank Himbaran agar langsung memberitahu KPM, apabila uang yang seharusnya diterima telah masuk ke dalam rekeningnya. Sehingga KPM dapat langsung mengambil dan membelanjakan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi penerima BPNT ataupun kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan perbaikan gizi untuk para penerima PKH,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO