BSI Terus Berdayakan Ekonomi Masyarakat Pesantren

JagatBisnis.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkomitmen terus menjaga keberlangsungan ekosistem usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis syariah di Indonesia. Hal itu ditandai dengan kolaborasi dan sinergi Bersama Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZ BSMU), melalui program bank wakaf mikro (BWM) untuk klaster usaha ternak kambing dan domba.

“Salah satu tujuan program ini untuk memberdayakan ekonomi masyarakat di sekitar pondok pesantren. Sehingga meningkatkan inklusi keuangan syariah, serta fasilitasi keuangan mikro dan usaha agar mereka terbebas dari jeratan rentenir,” kata Wakil Direktur Utama I BSI, Ngatari, pada Kamis (24/2/2022).

Dia menjelaskan, sejak akhir 2017 dan hingga sekarang, sudah berdiri di 62 lokasi BWM di 19 provinsi. Dengan anggota program sebanyak 15.655 anggota. Oleh karena itu, pihaknya berharap, program ini dapat menguatkan kemandirian bank wakaf mikro. Selain itu, memperkuat ekonomi masyarakat di sekitar pesantren dan nilai kewirausahaan dengan model pemberdayaan peternakan.
“Kami berkomitmen untuk dapat membangun perekonomian umat yang tumbuh berkesinambungan serta memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga :   BSI Berikan Layanan Konsultasi Pajak untuk Nasabah Prioritas

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan BSMU Sukoriyanto Saputro menambahkan, pesantren menyediakan lahan dan mendapatkan manfaat dari sewa lahan. Hasil usaha atau produk yang dihasilkan klaster usaha nasabah dipasarkan pada pesantren atau konsumen lainnya.

Baca Juga :   Dirut BSI Dinobatkan Jadi Banker of The Year 2021

“Kami berharap dengan adanya klaster ternak kambing domba di pesantran dapat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat sekitar pesantren, sehingga kemandirian ekonomi dapat terwujud. Saat ini, ada 830 ekor kambing dari 1000 ekor yang direncanakan,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO