Tahun Ini, PLN Akan Tambah 40 Unit SPKLU

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) bakal kembali menambah pengoperasian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Walau sudah ada 104 unit SPKLU yang beroperasi di 38 kota, namun tahun ini akan menambah 40 unit SPKLU di sejumlah kota. Hal itu untuk melayani para pengguna kendaraan listrik dan mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Baca Juga :   Tekan Emisi Karbon, PLN Pakai Sekam Padi Buat Campuran Bahan Bakar PLTU

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, penambahan SPKLU merupakan upaya pihaknya dalam meningkatkan layanan dengan memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik. Selain itu, untuk menarik minat masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik.

“Penambahan dan perluasan pengoperasian SPKLU harus dilakukan agar pengendara kendaraan listrik tidak perlu khawatir baterai kendaraannya kehabisan energi listrik ketika melakukan perjalanan jauh mengunakan kendaraan listrik,” tutur Agung dalam keterangan tertulis, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga :   Tarif Listrik Naik, Pelanggan Boleh Ajukan Penurunan Daya

Dia menjelaskan, di luar rencana penambahan 40 SPKLU, pihaknya juga bakal menyediakan fasilitas SPKLU Ultrafast EV Charger sebanyak 44 unit dan 100 unit home charging untuk mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali. Fasilitas-fasilitas tersebut direncanakan mulai beroperasi pada Agustus 2022.

Baca Juga :   PLN Tambah Pembangkit 20 MW di Ambon

“Saat ini, sudah terdapat 5 unit SPKLU yang sudah beroperasi, serta 16 unit SPKLU tipe Medium dan Fast Charging dalam tahap penyelesaian pembangunan,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO