Rangkaian KRL Jalur Jatinegara-Bogor akan Lebih Panjang

JagatBisnis.com – PT KAI Commuter akan mengoperasikan rangkaian kereta rel listrik (KRL) lebih panjang di lintas loop line atau Jatinegara-Bogor/Nambo. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas operasional dan layanan KRL

“Dalam waktu dekat loop lone juga akan mulai dilayani rangkaian kereta yang terdiri dari 12 kereta dalam satu rangkaian atau kereta SF 12,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, dalam keterangan tertulis, Rabu (23/2/2022).

Anne menjelaskan, saat ini lintas tersebut dilayani dengan rangkaian kereta yang terdiri dari delapan atau 10 kereta dalam satu rangkaian. Kereta SF 12 sebelumnya tidak dapat melayani lintas rersebut karena kondisi prasarana perkeretaapian seperti panjang peron yang belum mencukupi, dan adanya perlintasan sebidang di sejumlah lokasi dekat stasiun.

Baca Juga :   Mulai 1 Januari, Tarif Antigen di Stasiun Menjadi Rp35 Ribu

“Dalam beberapa pekan terakhir kami dan PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan survei dan persiapan secara bertahap untuk menyesuaikan kondisi prasarana perkeretaapian agar dapat melayani kereta SF 12. Seperti pada 1 Februari 2022 lalu, misalnya, perlintasan sebidang di Stasiun Kemayoran telah ditutup untuk meningkatkan keselamatan bagi pengguna jalan maupun perjalanan kereta serta mendukung program pengoperasian kereta SF 12 ini,” ungkap Anne.

Baca Juga :   Pertama di Indonesia, KA di Sumbar Ada Layanan Kereta Bagasi Sepeda Non Lipat

Menurutnya, dalam survei tersebut, ditemukan sejumlah stasiun sudah dapat melayani kereta SF 12 cukup dengan menggeser marka penanda batas berhenti kereta. Sementara sejumlah stasiun lain panjang peronnya belum mencukupi untuk kereta SF 12.

Baca Juga :   Amankan Aset, KAI Telusuri Dokumen hingga ke Belanda

“Untuk itu, kami akan menyiapkan perpanjangan peron. Dalam masa pekerjaan perpanjangan peron, petugas akan mengumumkan kereta mana saja yang belum mendapat peron di stasiun tertentu, sehingga pengguna yang akan turun di stasiun tersebut dapat bergeser ke kereta lain,” papar Anne. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO