Ekbis  

Pelajar dan Mahasiswa Dukung Realisasi Positif APBN di APBN Week 2022

JagatBisnis.com – Di tahun 2021, pelaksanaan APBN mencatatkan kinerja yang positif. Dalam hal ini, pendapatan negara tercatat melebihi target, belanja negara dilakukan secara optimal khususnya untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi daerah dan pusat, dan pembiayaan anggaran yang efisien di tahun 2021 dapat menjadi modal positif untuk transisi menuju konsolidasi fiskal tahun 2023. Realisasi positif APBN 2021 tersebut dan kelancaran pelaksanaan realisasi APBN setiap tahunnya tidak bergantung pada usaha pemerintah semata, melainkan merupakan buah kolaborasi pemerintah, masyarakat, dan para stakeholders

Dalam mendukung realisasi positif APBN di tahun 2022, masyarakat, khususnya kaum muda, dapat memberikan kontribusi langsung kepada negara. Bagaimana caranya?

Kementerian Keuangan, melalui Bea Cukai menyediakan sebuah ajang bagi pemuda untuk berpartisipasi dalam mendukung dampak positif realisasi pelaksanaan APBN melalui pemanfaatan sosial media. Ajang yang diberi tajuk “APBN Week 2022” tersebut diselenggarakan oleh kantor-kantor pelayanan Bea Cukai dengan mengunjungi sekolah dan kampus di beberapa kota seluruh Indonesia secara serentak pada 21-25 Februari 2022. Beberapa kantor yang telah melaksanakan kegiatan ini adalah Bea Cukai Makassar, Bea Cukai Atambua, Pantoloan, Bea Cukai Bandar Lampung, Bea Cukai Morowali, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, dan Kanwil Bea Cukai Sulbagsel.

Baca Juga :   Bea Cukai Jalin Sinergi dengan BNN Gagalkan Penyelundupan Narkotika di Wilayah Sulawesi

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan pengelolaan APBN memang sangat penting, sehingga masyarakat, khususnya peara pemuda yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa harus kenal dan paham, agar bisa menjaga APBN. “Generasi muda merupakan harapan bagi masa depan bangsa. Di bidang keuangan negara, generasi muda yang paham akan pentingnya mengatur keuangan sebuah negara menjadi nilai tambah demi kemajuan suatu bangsa. Melalui APBN Week ini, para pelajar dan mahasiswa diharapkan dapat memahami sumber-sumber pendapatan negara dan juga pemanfaatannya,” ujarnya.

Baca Juga :   Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Laksanakan Operasi Gempur Rokok Ilegal di Sejumlah Wilayah

Hatta menyebutkan para pelajar dan mahasiswa secara khusus disasar dalam kegiatan ini karena mereka memiliki pengaruh besar di negeri ini. Para pelajar dan mahasiswa tersebut diharapkan dapat menjadi duta yang mampu meneruskan informasi tentang keuangan negara yang mereka dapat pada APBN Week 2022 kepada masyarakat. “Melalui berbagai media sosial yang mereka miliki, mereka dapat membagikan pemahamannya tentang APBN dan keuangan negara. Muaranya, akan terbentuk perspektif positif masyarakat terkait kebijakan pengelolaan keuangan negara yang baik dan terukur. Jika terwujud, maka diharapkan pemahaman akan pengelolaan keuangan negara oleh masyarakat akan semakin baik, semakin banyak orang yang tahu hak dan kewajibannya, serta nantinya dapat bersama-sama menjaga APBN kita,” tutupnya. (srv)

MIXADVERT JASAPRO