Pemprov Sumut Kembali Aktifkan Asrama Haji Medan Jadi Lokasi Isoter

JagatBisnis.com – Pememerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali mengaktifkan Asrama Haji Medan Kecamatan Medan Johor, Kota Medan sebagai lokasi isolasi terpusat (isoter) untuk warga yang terpapar Covid-19, Senin (21/2/2022). Kembali diaktifkannya lokasi isoter ini untuk mengurangi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah di tengah tingginya kasus Covid-19 saat ini.

“Pada 19 Februari 2022 lalu, di Sumut ada penambahan 2.349 kasus. Angka ini lebih tinggi dari puncak kasus Agustus 2021 (2.045) saat varian Delta Covid-19 merebak di Sumut,” kata Gubenur Sumut, Edy Rahmayadi

Menurut Edy, salah satu faktor meningkat secara drastisnya kasus Covid-19 adalah ketidakmampuan mayoritas masyarakat menjalani Isoman. Bukan hanya itu, obat-obatan juga sulit dijangkau banyak masyarakat yang melakukan isoman.

Baca Juga :   Tips Kurangi Stres Saat Isolasi Mandiri di Rumah

“Dia positif dan harus isoman, tapi kamar di rumahnya terbatas, bergabung dengan anak, istri dan saudara yang lain. Maka, terjadilah klaster keluarga. Untuk menghindari kondisi seperti itu, maka kami memutuskan untuk membuka kembali Asrama Haji Medan sebagai lokasi isoter,” kata Edy.

Baca Juga :   6 Kapal Pelni Disiapkan untuk Isolasi Terapung Pasien COVID-19

Dia menjelaskan, di lokasi isoter Asrama Haji Medan, terdapat 486 unit tempat tidur yang akan menampung orang-orang terpapar Covid-19 yang sedang dalam perjalanan jauh dan orang dari luar daerah Sumut. Kondisi masyarakat yang bisa ditampung di Isoter Asrama Haji bergejala ringan sampai sedang.

Baca Juga :   Pemerintah Siapkan Fasilitas Isoter di Seluruh Provinsi

“Ini merupakan langkah awal kami untuk mengganti isoman menjadi isoter. Pelan-pelan isoman kita tiadakan, bila kurang tempatnya kita tambahkan,” imbuh Edy. (*/esa).

MIXADVERT JASAPRO