Pemerintah Mau Naikkan Insentif untuk Dalang Wayang

JagatBisnis.com-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bakal menaikkan insentif untuk seniman, khususnya dalang wayang di masa pandemi Covid-19. Rencana itu diutarakan usai menerima aspirasi dari Persatuan Dalang Indonesia (Pepadi). Karena selama masa pandemi, pertunjukan wayang dapat dilakukan secara langsung dengan jumlah penonton yang dibatasi. Bisa pula disaksikan virtual.

Baca Juga :   Pelarangan Ekspor Berlaku hingga Harga Migor Curah Rp14 Ribu per Liter di Seluruh Indonesia

Menurut dia, para dalang mengeluhkan jumlah penanggap dan penonton wayang yang berkurang selama masa pandemi. Dalang juga menyinggung soal insentif untuk produk kesenian wayang bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Jika protokol kesehatan bisa dijaga, pemerintah akan terus dorong seni pertunjukan ini berjalan, terutama jika situasi PPKM sampai dengan level 2. Karena pemerintah berupaya membuat kebijakan untuk melestarikan kebudayaan Jawa khususnya wayang,” kata Airlangga, Minggu (19/2/2021).

Baca Juga :   Pemerintah Memperpanjang PPKM Luar Jawa-Bali 1-14 Maret

Dia menjelaskan, pihaknya akan mendorong pertunjukan wayang agar mendapat perhatian khusus dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk dilestarikan dan terus dikembangkan. Adapun pengembangan yang dilakukan berupa pembelajaran seni, gamelan, tari, dan bahasa. Dalam pertunjukan wayang juga dibutuhkan kombinasi bahasa agar dapat populer di kalangan milenial.

Baca Juga :   Jika Efektif Bangun Pencitraan, Elektabilitas Airlangga hingga Puan Bisa Melejit

“Selain menggunakan bahasa Jawa, juga dapat menggunakan bahasa Indonesia, agar membuat pertunjukan wayang menjadi lebih menarik.
Semua itu perlu dipromosikan agar wayang terus lestari dan dapat menarik penonton baru terutama kalangan milenial,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO