Keterisian RS di Jabar Terus Menurun

JagatBisnis.com – Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di Jabar terus menurun. Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengungkap tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit kini ada di angka 25,91 persen.

Meski terus melandai, Uu mengaku pihaknya terus menyiapkan berbagai fasilitas bila suatu waktu terjadi lonjakan angka kasus sebaran corona. Sejauh ini, terdapat 17 kabupaten/kota di Jabar yang masuk ke Level 3, sembilan kabupaten/kota Level 2 dan satu kabupaten masuk ke dalam Level 1 yakni Kabupaten Pangandaran.

“Jika mengacu pada kapasitas maksimal rumah sakit (19.695 Tempat Tidur), BOR di Jabar 25,91 persen (persentase ini masih di bawah standar WHO 60 persen)” kata dia melalui keterangannya sebagaimana dilihat pada Jumat (18/2).

Baca Juga :   Negara Ini Berlakukan Hukuman Mati Bagi yang Melanggar Protokol Kesehatan COVID-19

“Kami sudah mempersiapkan 23 tempat isolasi terpadu atau isoter (isolasi terpadu) sehingga apabila ada kenaikan kasus tidak akan panik seperti sebelumnya,” lanjut dia.

Baca Juga :   Sejak Pandemi, Jumlah Jenazah COVID-19 yang Dikubur di TPU Buni Ayu Melonjak

Meski angka keterisian tempat tidur terus menurun, Uu mengingatkan agar masyarakat tak lalai menerapkan protokol kesehatan. Dia pun mengimbau masyarakat yang belum menerima vaksinasi agar segera menuju ke sentra vaksinasi. Kemudian, angka pengetesan pun harus ditingkatkan lagi.

“Alasan meningkatnya kembali kasus COVID-19 karena adanya kelalaian masyarakat, mungkin juga dari Satgas dan Pemerintah Daerah. Mungkin masyarakat sudah mulai bosan dengan keadaan saat ini, tetapi Pemda Provinsi, Pemkot, Pemkab, dan satgas tidak akan bosan menangani kasus COVID-19,” ucap dia.

Baca Juga :   TNI AL Habiskan 310 Dosis saat Vaksinasi Covid-19 di 3 Pulau Minahasa Utara

Terkait vaksinasi, Uu menyebutkan di Jabar masih ada ketidaksesuaian data antara Pemprov dan Pemda kabupaten/kota. “Seperti Kabupaten Cianjur, data di kami baru sekitar 50 persen, ternyata sudah di atas 80 persen,” pungkas dia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO