102 Prajurit Kopasgat Diterjunkan untuk Latihan Uji Pertahanan Strategis di Lanud Supadio

JagatBisnis.com – Batalyon Komando 465 dan Detasemen Pertahanan Udara 473, yang tergabung dalam Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), menerjunkan sebanyak 102 prajurit khusus bersenjata lengkap dari ketinggian 1.200 kaki di Lanud Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

“Kegiatan yang melibatkan infanteri terbaik di jajaran TNI Angkatan Udara tersebut sebagai bentuk uji kemampuan dalam operasi pertahanan objek strategis dan infiltrasi terukur,” kata Komandan Batalyon Komando 465 Kopasgat Letnan Kolonel Pasukan Wisnu Budi Saputro di Sungai Raya, Jumat (11/2/2022).

Dia menjelaskan Batalyon Komando 465 dan Detasemen Pertahanan Udara 473 merupakan dua satuan elit dalam Komando Pasukan Gerak Cepat TNI-AU tersebut.

Baca Juga :   Satgas Gagalkan Penyelundupan BBM ke Timor Leste

“Dalam latihan hari ini kami menurunkan sebanyak 102 prajurit dengan kekuatan penuh,” ujarnya.

Baca Juga :   LGBT, Dua Sersan TNI Dipecat Tapi Jenderal Andika Belum Tahu

Dia menambahkan kegiatan tersebut sebagai latihan khusus untuk melatih dan sekaligus persiapan kesatuan dalam rangka panggilan tugas terkait menjaga keamanan negara.

“Memang untuk melatih diri, dan mempersiapkan diri, apabila sewaktu-waktu ditugaskan sebagai prajurit selalu siap, kita siap melaksanakan tugas untuk menjaga keutuhan dan keamanan negara,” tuturnya.

Baca Juga :   Tak Diakui Anak oleh Ayahnya, Pria Ini Berhasil Jadi Jenderal TNI

Untuk latihan terjun payung itu, sebanyak 102 prajurit itu statik di ketinggian sekitar 1.200 fit, kemudian untuk free fall terjun bebas antara 7.000 sampai 8.000 fit.

Komando Pasukan Gerak Cepat memiliki tugas yang sama dengan pasukan tempur lainnya, namun yang membedakannya, Kopasgat bertanggungjawab dengan operasi pembentukan dan pengoperasian pangkalan udara.(pia)

MIXADVERT JASAPRO