Mondelez International Tambah Lini Produksi Ekspor di Indonesia

JagatBisnis.com – Permintaan ekspor terus meningkat, Mondelez International tambah lini produksi biskuit OREO kelas dunia di Cikarang, Jawa Barat. Lini produksi baru ini akan memproduksi biskuit OREO, yang sebagian besarnya ditujukan untuk ekspor ke negara-negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah. Tercatat volume ekspor pabrik Mondelez International di Cikarang meningkat lebih dari 250% dalam 10 tahun terakhir.

Zaenal Abidin selaku Direktur PT Mondelez Indonesia Manufacturing menjelaskan bahwa peningkatan permintaan ekspor dari berbagai negara ini, tak lepas dari keberhasilan pabrik Mondelez International di Cikarang dalam menjaga kualitas hasil produksi dan efektivitas pabrik”.

 

“Selain itu, permintaan konsumen Indonesia akan biskuit OREO pun terus meningkat setiap tahunnya. Indonesia adalah pasar OREO terbesar di Asia Tenggara, dan Top 5 secara global. Sejalan dengan meningkatnya permintaan konsumen tersebut, Mondelez International menambah lini produksi biskuit, dengan nilai investasi sebesar USD 23 juta, setara dengan Rp 320 miliar,”ungkapnya.

Baca Juga :   Kenali Kebiasaan Ngemil Selama Pandemi, Mondelēz Indonesia Luncurkan Survei “The State of Snacking 2020”

“Investasi terbaru ini akan meningkatkan kapasitas produksi OREO sebesar ~70% dan akan menjadikan pabrik di Cikarang masuk dalam jajaran pabrik biskuit Mondelēz International berkapasitas besar. Hingga saat ini, pabrik Mondelez International di Cikarang merupakan salah satu pusat produksi biskuit kelas dunia, yang memproduksi berbagai produk biskuit seperti OREO, Mini OREO, dan Ritz. Merupakan pusat ekspor untuk lebih dari 35 negara, mencakup pasar di Asia Pasifik dan Timur Tengah, termasuk Jepang, Australia, dan Selandia Baru,”jelasnya.

Baca Juga :   Mondelez International Berinvestasi pada Pusat Penelitian Kakao Berskala Global di Indonesia

 

“Pembangunan lini produksi OREO terbaru ini merupakan proyek investasi tercepat dari Mondelēz International. Dimulai pada awal 2020 selama pandemi COVID-19, dan selesai pada akhir 2021 tanpa insiden baik dari segi keselamatan maupun kesehatan, berkat standar keselamatan dan kesehatan yang tinggi. “Lini produksi terbaru ini menggunakan teknologi terbaru dalam produksi biskuit, termasuk mesin yang menghemat energi, air, dan karbon untuk mendukung proses produksi yang lebih berkelanjutan, sejalan dengan misi Mondelēz International untuk menciptakan makanan ringan dengan cara yang berkelanjutan, baik untuk manusia maupun planet bumi,”terangnya.

Putu Juli Ardika selaku Direktur Jenderal Industri AGRO Kementerian Perindustrian yang hadir secara virtual pada peresmian perluasan pabrik Mondelez International di Cikarang turut menyampaikan dukungan serta apresiasinya, dengan sangat menyambut baik perluasan pabrik Mondelez International di Cikarang, Jawa Barat ini.

Baca Juga :   Berlokasi di Indonesia, Mondelez dan Olam Food Ingredients Luncurkan Pertanian Kakao Komersial Terbesar di Dunia

Senada, Ikmal Lukman, selaku Sekretaris Utama dan Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi (BKPM) mengatakan bahwa Investasi terbaru dari Mondelez International ini merupakan bentuk komitmen #MondelezUntukIndonesia untuk terus menghadirkan produk berkualitas, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Mondelēz International berharap investasi ini akan memberikan kontribusi positif bagi ekspor dan devisa negara, penciptaan lapangan kerja, pengembangan industri makanan dan minuman di Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Zaenal. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO