Tekno  

Google Chrome Kenalkan Desain Ikon Baru

JagatBisnis.com – Untuk pertama kalinya, dalam kurum waktu 8 tahun, Google Chrome mengenalkan desain ikon baru. Ikon itu kini terlihat lebih halus dan lebih fleksibel. Sehingga mudah beradaptasi di seluruh platform dan bahasa desain masing-masing.

Perancang Chrome Elvin Hu menjalaskan, detail perubahan ikon ini menggunakan nuansa baru hijau, merah, kuning, dan biru yang lebih hidup dan mencolok. Sehingga terlihat bayangan halus yang sebelumnya ada di luar lingkaran telah dihilangkan untuk mendapatkan tampilan yang sepenuhnya datar.

“Tampilan yang halus ini menggunakan gradien apik untuk mengurangi getaran warna yang tidak menyenangkan antara beberapa warna yang sangat kontras ini. Jika tidak, itu lebih datar dari selembar kertas,” katanya dikutip dari laman androidpolice, Sabtu (5/2/2022).

Baca Juga :   Google: Nilai Ekonomi Digital Indonesia Bisa Tembus USD146 Miliar pada 2025

Dia mengatakan, selain menyesuaikan warna, ikon ini juga menyempurnakan beberapa proporsi, lingkaran biru bagian dalam menjadi lebih besar, dan lingkaran luar lebih tipis. Semua perubahan itu dilakukan untuk menyelaraskan dengan ekspresi merek Google yang lebih modern.

“Mungkin perubahan yang paling berdampak adalah, bagaimana Google mengadaptasi ikon ke platform lain. ini sekarang mengambil langkah-langkah untuk berbaur dengan isyarat desain UI pada banyak sistem operasi yang tersedia,” imbuhnya.

Menurut dia, untuk Windows 10 dan 11, misalnya, ikon mengambil desain gradasi yang jelas untuk berbaur lebih baik dengan ikon lain. Sementara di macOS, dibutuhkan tampilan 3D neomorfik, seperti aplikasi sistem Apple. Adapun warna yang digunakan lebih cerah dan tanpa gradien tambahan.

Baca Juga :   Sengketa Pelacakan Lokasi, Google Bayar Denda Rp6 Triliun ke 40 Negara Bagian AS

“Untuk ikon baru ini di aplikasi beta di iOS memiliki ikon seperti cetak biru khusus sebagai aplikasi beta/pengembang untuk Apple dan lainnya. Untuk peramban aplikasi ini mengambil banyak bentuk dan menyesuaikan pengalamannya dengan platform apa pun yang tersedia,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, Google merasa benar merek dan ikonnya juga harus beradaptasi dengan platform. Perusahaan mengeksplorasi sejumlah perubahan desain lain yang tidak terlalu kentara pada ikon Chrome. Ikon Chrome yang diperbarui telah terlihat di cabang Canary terbaru dan akan diluncurkan secara resmi ke semua pihak selama beberapa minggu mendatang.

Baca Juga :   Begini Cara Lacak HP Hilang Tanpa Aplikasi hanya Pakai Google

“Dengan warna yang lebih cerah dan tanpa gradien tambahan, dan aplikasi beta di iOS memiliki ikon seperti cetak biru khusus sebagai aplikasi beta/pengembang untuk Apple dan lainnya. Peramban Chrome mengambil banyak bentuk dan menyesuaikan pengalamannya dengan platform apa pun yang tersedia. Kini, ikon yang diperbarui telah terlihat di cabang Canary terbaru dan akan diluncurkan secara resmi ke semua pihak selama beberapa minggu mendatang,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO