Memenangkan Persaingan Bisnis Melalui Kemasan

Foto : Adjie

JagatBisnis.com – Kemasan menjadi etalase yang memungkinkan sebuah produk dilirik dan dibeli konsumen.

Pentingnya mengemas produk agar terlihat menarik, memanjakan indera dan meninggalkan kesan buat pembeli dibahas oleh Budi, pemilik Rembulan Perak Etnic Around The World pada pelatihan “JagatBisnis.com Workshop Series Memenangkan Persaingan Bisnis Melalui Kemasan” di hadapan siswa pondok pesantren Bhakti Nugraha, Cibitung Tengah, Tenjolaya – Bogor, Selasa, 1 Feb 2022.

Kemasan makanan sederhana seperti box, gelas plastik, dus cokelat dan goodie bag bisa di up-grade dengan ornamen hias yang murah, yang sering dianggap sebagai barang yang tak berguna.

Agar bernilai ekonomi sirkular,
Budi mengajak santri untuk menghias gelas plastik dan goodie bag cokelat dengan kertas kado, pom-pom, cover majalah, glitter dlsbnya.

“Kertas yang dijadikan pembungkus kado seringkali dianggap sebagai barang yang tidak berguna. Jangan buru-buru dibuang lho ya. Lihat dan amati, beragam motif unik seperti batik, arsitektur sebuah peradaban, motif floral, hingga makanan yang terlihat unik, bisa menjadi elemen hias memesona kemasan makanan yang kita jual.

Baca Juga :   Kuasai Teknik Food Plating dan Food Photography

Jika tidak menemukan sisa kertas pembungkus kado, adik-adik bisa membeli secara eceran, selembar hanya seribu rupiah. Jika beli grosir tentu harganya bisa lebih murah! Selain kertas kado, gambar komik, tokoh kartun, foto diri atau sosok idola bisa dijadikan inspirasi hiasan, “saran Budi.

Menghias dengan ornamen kertas kado, sekilas terlihat mudah, namun ketika dipraktekan hadir sejumlah teknik pembuatan yang tidak terpikirkan oleh siswa santri.

Foto : Adjie

“Jika kertas kado lecek, setrika dengan tekanan cepat pada suhu rendah agar bentuknya licin kembali.

Gunting motif yang telah diframe dengan garis atau bidang. Kumpulkan hingga mendapat beberapa lembar motif.

Baca Juga :   Kuasai Teknik Food Plating dan Food Photography

Untuk motif yang tidak diberi frame, bisa digunting dengan gunting an zig zag, atau dibakar bagian pinggir dengan obat nyamuk. Cara-cara ini menghasilkan potongan yang artistik.

Penting menggunakan gunting tajam dari ukuran kecil atau sedang menyesuaikan dengan motif yang akan digunting, “kata Budi menjelaskan.

“Biasakan untuk merangkai potongan kertas kado sebelum ditempel pada obyek yang akan dihias agar kita mendapatkan bentuk hiasan yang maksimal.

Untuk goodie bag, usahakan meletakkan guntingan kertas kado di bagian tengah sebagai center point. Tapi jangan lupakan untuk menghias bagian sudut, boleh ke empat atau dua saja diantara sisinya. Penting menghadirkan konsep hiasan modern minimalis.

Foto : Adjie.

Gunakan lem putih, Budi tidak menyebut merek. Lalu oles dengan telunjuk di bagian tengah potongan, kemudian tarik ke seluruh sisi. Lakukan merata. Jika menggunakan lem terlalu sedikit, bagian pinggir motif seringkali terbuka setelah kering. Bila kebanyakan lem, motif kertas kado bisa robek dan mengotori area luar goodie bag. Idealnya gunakan secukupnya. Hal yang sama bisa dilakukan pada box kartun, gelas dan wadah plastik untuk makanan.

Baca Juga :   Kuasai Teknik Food Plating dan Food Photography

Untuk efisiensi waktu dan tenaga, disarankan untuk menghias satu sisi goodie bag, box plastik dan juga dus makanan. Pengecualian untuk gelas plastik, idealnya harus sisi depan dan belakang agar tampilannya maksimal. ”

Selesai memberi penjelasan, para santri ikhwan dan akhwat asyik memilih motif, mengunting serta mengikuti tahapan yang telah diajarkan Budi. Ada yang menghias goodie bag, sebagian gelas plastik.

“Saya sengaja memilih gelas berbahan tipis karena tingkat kesulitan cukup tinggi bila ditempel. Jika mereka berhasil, untuk gelas dengan tingkatan medium dan keras justru akan lebih mudah, “kata Budi. (RP).

MIXADVERT JASAPRO