Candi Buddha Abad Ke-3 SM Ditemukan di Pakistan

JagatBisnis.com –  Arkeolog menemukan komplek candi Buddha di Pakistan yang diperkirakan berasal dari abad ketiga sebelum masehi (SM). Dalam penggalian di candi Buddha itu, arkeolog juga menemukan 2.000 artefak, termasuk koin, permata, segel, potongan tembikar, pahatan batu, dan patung.

Seorang arkeolog di Ca’ Foscari University of Venice, Luca Maria Olivieri mengatakan, candi itu dibuat ketika Gandhara diperintah oleh kerajaan Indo-Yunani di India utara. Candi itu dibangun di atas candi Buddha yang mungkin berasal dari awal sebagai abad ketiga SM,” katanya kepada Live Science, Kamis (3/2/2022).

Dia menjelaskan, sisa-sisa galian kuil yang ditemukan itu memiliki stupa setinggi 3 meter. Selain itu, terdapat platform upacara yang di atasnya terdapat struktur silinder yang menampung monumen Buddha berbentuk kerucut atau kubah. Kompleks candi yang dibangun dan direkonstruksi beberapa kali itu di dalamnya terdapat stupa yang lebih kecil, ruang untuk biksu, tangga, podium pilar, ruang depan, dan halaman umum yang menghadap ke sebuah kuil kuno.

Baca Juga :  

“Berdasarkan penanggalan radiokarbon, candi di Barikot ini merupakan salah satu monumen Buddha paling awal yang pernah ditemukan di wilayah Gandhara kuno,” ucapnya.

Baca Juga :  

Menurut dia, saat ini misinya hanya untuk melestarikan arkeologi penting kota itu dari penjarahan. Karena banyak yang berusaha melakukan penggalian ilegal dan menjual hasilnya di pasar barang antik asing. Apalagi, selama bertahun-tahun “pihaknya telah mengamati apa yang keluar dari parit fondasi rumah modern, penggalian pertanian, dan lubang yang ditinggalkan oleh penggalian rahasia.

Baca Juga :  

“Jadi ada petunjuk bahwa ada monumen besar di lokasi itu. Kuil itu terletak di sepanjang jalan kuno menuju monumen Buddha utama kota kuno itu, sebuah stupa selebar 20 meter. Beberapa di antaranya memuat prasasti kuno yang dapat digunakan untuk menentukan penanggalannya,” kata Olivieri. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO