Perjalanan Bisnis Eva Noor Diungkap dalam Buku “Pelaku Bukan Pemimpi”

Eva Noor, Sebagai pelaku bisnis, berbagi Tips dan Trik menjadi Pebisnis diungkapkan lewat Buku " Pelaku Bukan Pemimpi"

JagatBisnis.com – Cafe Bangsa di Pusjarah – Museum Satria Mandala Jakarta, menjadi saksi acara launching Buku “Pelaku Bukan Pemimpi” Rabu (2/2/2022).

Buku yang ditulis langung oleh pengusaha wanita ini, berdasarkan sebuah alur cerita yang membawa pembaca mengetahui setiap fase perjalanan seorang wirausaha. Lewat buku ini, penulis ingin berbagi tentang pentingnya mindset yang tepat dalam memandang bisnis, agar tidak memulai dengan motivasi yang salah, dengan dasar alasan kuat yang menjadi fondasi dalam berbisnis, serta memahami tentang kenapa sebuah usaha disebut sebagai bisnis, dan berbagai hal menyangkut seluk-beluk bisnis lainnya yang penting untuk disimak. Sang penulis juga menyelipkan kisah-kisah beberapa teman wirausaha sukses dengan pengalaman5 panjang di dunia bisnis, yang sudah melewati perjalanan dengan segala lika-likunya hingga tiba ke titik sekarang.

Perjalanan meniti karir selama enam belas tahun menapaki dunia usaha yang telah ia bangun, memantik dirinya untuk berbagi tips dan kisah pada generasi muda bangsa yang ingin mendirikan usaha agar dapat memotivasi serta bisa jadi bekal pembelajaran mereka.

“Setelah bertahun tahun menjalankan beberapa bisnis yang (bisa dikatakan) sukses, saya dapat melihat kebelakang dengan kepuasaan atas pembelajaran yang telah saya peroleh. Meskipun saat ini saya belum mencapai semua tujuan saya, setidaknya saya bisa berbagi perjalanan saya selama berwirausaha,”ungkap Eva Noor, CEO PT Xynexis International dalam penjelasan prolog bukunya.

Baca Juga :   Cara Mudah Agar Semut Tak Datang Lagi ke Rumah

Alasan kuat Eva menulis buku Pelaku Bukan Pemimpi, adalah dari riset kecil yang dilakukan pada beberapa mahasiswa tempat dimana Eva di undang sebagai pembicara beberapa tahun belakangan. Dan melihat banyaknya anak muda sekarang memilih menjadi seorang wirausaha ketimbang bekerja sebagai professional.

Eva melihat tren untuk berbisnis dikalangan anak muda makin meningkat berdasarkan interaksi dan riset terbatas dikalangan anak muda. Banyak yang menganggap bahwa menjadi pelaku wirausaha menjadi jawaban hidup mereka.

“ Yakin, mau menjadi seorang wirausaha, apa si yang menjadi kalian tertarik.” Itu yang menggelitik rasa penasaran seorang Eva Noor.

Jawaban yang didengar Eva, rata rata mereka tertarik karena status menjadi CEO, Founder atau owner suatu bisnis,terlihat sebagai sebuah title yang bergengsi. Sebuah mantera baru apa yang disebut cool adalah apabila setelah lulus kuliah nanti tidak lagi menjadi job seeker, tetapi menjadi seorang job creator. Belom lagi impian tentang menjadi pengusaha sukses baik secara materi maupun non materi yang tampak mudah dan menggiurkan.

 

Dan belakangan, tren inipun semakin booming. Menurut Eva, ini merupakan sebuah fenomena yang positif dan sangat membahagiakan.

Baca Juga :   Begini Cara Deteksi Erupsi Gunung Berapi melalui Smartphone

Akan tetapi pada saat yang sama, terselip kecemasan, akankah munculnya keinginan berbisnis dikalangan anak muda ini sekedar tren sesaat? Cita cita berbisnis semata menjadi tren yang hanya ramai saat sedang hangat hangatnya. Namanya tren, akan ada yang bisa mengikuti arusnya dengan baik, ada pula yang tidak bisa mengikuti arus itu sehingga akhirnya menjadi boomerang ke diri sendiri.

 

Berangkat dari kegelisahan tersebut, Eva jadi terpantik untuk berbagi tentang kewirausahaan, dari pengalaman perjalanan berbisnisnya selama belasan tahun. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum terjun ke dunia wirausaha. Didalam buku tersebut, usaha seorang Eva berbagi kisah dengan tujuan ingin meluruskan bahwa, menjadi wirausaha itu tidak seindah apa yang kita lihat dan bayangkan di media sosial terutama anak anak muda yang hanya bermotivasi ingin hidup kaya raya ala sultan, karena menurut Eva kesuksesan itu datangnya tidaklah instan.

 

Eva ingin membuka wawasan bahwa ada banyak hal dalam bisnis yang jarang dibicarakan oleh seorang pelaku wirausaha sukses. Sisi gelap yang mungkin bukan sesuatu untuk dipublikasikan.Yang kita lihat hanya dari satu sisi saja.

Dalam buku yang ditulis Eva, seseorang calon wirausaha atau yang ingin berbisnis dapat mengetahui perjalanan ber wirausahaan dari semua sisi dan bisa mempelajari ini dalam tips dan trik yang di tulis dalam buku Pelaku Bukan Pemimpi.

Baca Juga :   10 Tips Liburan Hemat dengan Budget Minimal Tanpa Menguras Dompet

Hal hal apa yang bisa dihindari untuk dihindari, hindari sebisa mungkin. Hal hal apa yang perlu menjadi fokus dan diperkuat, dan apa saja yang perlu diwaspadai. Dengan tren yang semakin meningkat dengan membaca buku ini, semoga para anak anak muda yang ingin berwirausaha mendapat insight yang berbeda dari kebanyakan orang yang melihat sisi manis kewirausahaan saja.

 

Enam belas tahun Eva Noor, mendirikan Xynexis International, perusahaan yang berbisnis pada keamanan siber. Saat awal didirikan, Xynexis bisa disebut pioner di Indonesia yang mengadopsi standard keamanan siber Internasional. Dari modal minim dan pendapat nol kini Xynexis menjadi perusahaan konsultan kemanan siber terbesar dan terdepan di Indonesia

Awal didirikan Xynexis merupakan etintas perusahaan kecil dengan hanya satu klien hingga sekarang Xynexis Group punya 3 anak perusahaan yakni : Noosc Security (Manage Security Services Provider), IGNITE (Edutech), dan Haxtech ( Digital Engagement) .

Bisa dibilang Xynexis saat ini merupakan perusahaan Information Assurance, yang besar di Indonesia . Ketika buku ini ditulis Xynexis sedang dalam proses membuka dua perusahaan diluar negeri untuk mengejar mimpi untuk mengejar pasar internasional. (dar)

MIXADVERT JASAPRO