Sekeluarga Jadi Pengemis, Sehari Omzetnya Capai 1 Juta Rupiah

JagatBisnis.com – Satu keluarga asal Seruyan yang hari-hari mengemis di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, penghasilannya menggiurkan. Dalam sehari mereka hanya meminta-minta selama 2 jam, tetapi omzetnya tembus 1 juta.

Keluarga peminta-minta itu berjumlah 8 orang. Masing-masing mereka berbagi peran.

“Ya betul ada satu kelompok pengemis yang kami tangkap. Jumlahnya 8 orang,” ujar Kepala Bidang Penegakan Perundang-Undangan Daerah, Satpol PP Kotim, Sugeng Rianto, Senin, (31/1).

“Mereka minta-minta hanya 2 jam sehari, hasilnya bisa tembus Rp 1 juta,” tambahnya.

Omzet fantastis itu hasil minta-minta yang dilakukan oleh 5 orang anak di bawah umur. Mereka disuruh oleh ibunya. Sedangkan seorang lainnya bertugas untuk memetakan lokasi dan juga menjadi koordinator di lapangan.

“Tugas dari koordinator lapangan itu untuk memastikan agar 5 anak itu tidak ditangkap. Jika satu ditangkap maka sang koordinator akan mengabarkan ke yang lain untuk pulang,” terang Rianto.

Penghasilan menggiurkan yang didapatkan dengan cara meminta-minta itu awalnya membuat petugas Satpol PP terkejut. Saat ditelusuri ke kontrakan para pengemis ternyata mereka memiliki mobil, motor, hingga perhiasan dan barang mewah lainnya.

“Walaupun bukan mobil baru, tapi tetap saja itu bukan barang murah. Juga ada motor baru. Mereka juga mengenakan perhiasan emas dan handphone android. Kehidupan mereka tidak menggambarkan orang tidak mampu yang terpaksa meminta-minta,” demikian Sugeng.(pia)

MIXADVERT JASAPRO