PLN dan PT PAL Kembali Garap 2 Pembangkit Listrik Kapal

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PT Indonesia Power, dan PT PAL melanjutkan kolaborasi untuk merakit pembangkit listrik di atas kapal atau Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara 2 dan BMPP Nusantara 3. Nilai investasi dari kedua ptoyek tersebut mencapai Rp1,6 triliun.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, 2 BMPP dengan kapasitas total 90 Megawatt (MW) ini diperuntukkan bagi wilayah Kolaka dan Sambelia. Untuk BMPP Nusantara 2 dengan kapasitas 60 MW rencananya akan memasok sistem kelistrikan Kolaka, Sulawesi Tenggara melalui jaringan 150 kilo Volt (kV). Sedangkan, BMPP Nusantara 3 akan memasok daya sebesar 30 MW ke sistem Sambelia, Lombok Timur.

“Kedua BMPP dengan investasi mencapai Rp1,6 triliun ini juga akan difungsikan sebagai pemasok daya listrik untuk daerah timur Indonesia. Kami berharap, di BMPP 2 dan 3 nantinya jauh lebih lincah. Secara pergerakan bisa lebih cepat. Sehingga bisa menjadi reserve margin yang mobile untuk bisa digunakan khususnya jika ada bencana,” kata Darmawan, Senin (31/1/2022).

Baca Juga :   Selama Idul Fitri, PLN Tangani 3.500 Laporan Pelanggan

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PAL Kaharuddin Djenod menambahkan, pihaknya akan membuat BMPP Nusantara unit 2 dan 3 jauh lebih baik dari sisi teknologi. BMPP ini juga desainnya bisa lebih langsing. Lambung lebih langsing, sehingga terjangan gelombang di Indonesia yang cukup tinggi bisa dihadapi oleh BMPP Nusantara ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Data Subsidi PLN Tak Sikron Karena Ada Selisih ID Pelanggan

Sementara itu, Direktur Utama Indonesia Power Ahsin Sidqi mengungkapkan, kerja sama yang sudah berjalan ini merupakan tonggak awal untuk kerja sama lainnya. Selain pengembangan BMPP, PLN dan PAL juga berkolaborasi untuk bisa memanfaatkan potensi arus laut dan ombak yang ada di Indonesia untuk bisa menjadi pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT).

Baca Juga :   Disetujui, Tarif Listrik di Atas 3.000 VA Bakal Naik

“Banyak yang kagum dengan kerjasama ini. Ini akan kami pasarkan di Asia. Beberapa negara lain sudah kontak untuk membutuhkan ini,” imbuhnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO