Pengamat: Maskapai Harus Selidiki Aksi Lempar Barang dari Pesawat

JagatBisnis.com – Beredarnya video viral di media sosial, Twitter yang memperlihatkan petugas melempar barang-barang dari pesawat Lion Air Group saat aktivitas ground handling di bandara, direspon pengamat penerbangan Alvin Lie, Senin (31/1/2022). Sikap dan tindakan petugas tersebut, tidak patut dan tidak profesional dan tentunya tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Oleh sebab itu, dirinya meminta perusahaan maskapai melakukan investigasi atau pendalaman atas kejadian ini.

“Memang ada kejanggalan, barang-barang yang dilempar tersebut keluar dari kabin, bukan dari lambung pesawat. Jadi mungkin bukan bagasi penumpang. Bisa jadi kargo atau logistik internal perusahaan,” kata Avin Lie.

Menurutnya, bisa jadi tindakan petugas itu dilatari adanya masalah yang tengah dihadapi oleh petugas. Sehingga yang petugas itu meluapkan kekesalannya pada pekerjaan. Jadi, hal ini perlu diinvestigasi untuk mencari pemicu perilaku tersebut.

Baca Juga :   Kronologi Kendala Mesin Lion Air sampai Putar Balik ke Bandara Soetta

“Apakah pemicunya masalah yang bersangkutan pribadi atau hal yang terkait pekerjaan? Selain itu, maskapai juga harus menyelidik, apakah tindakan itu terjadi baru-baru ini saja atau memang sudah lama terjadi. Begitu pula, dengan jumlah pelaku, apakah seorang saja atau juga dilakukan petugas lainnya. Sejak kapan yang bersangkutan berperilaku demikian? Apakah hanya sendirian atau ada lainnya yang berperilaku demikian juga,” paparnya.

Baca Juga :   Terbukti Monopoli, Lion Air Group Didenda Rp1 Miliar

Dia menjelaskan, dengan kejadian itu menunjukkan adanya kelemahan dalam sistem pengawasan operasional di dalam airlines. Sehingga manajemen maskapai diminta melakukan untuk perbaikan, pembinaan dan pencegahan komprehensif agar kejadian ini tidak terulang.

“Tindakan ini bukan semata-mata untuk menjatuhkan sanksi kepada petugas yang bersangkutan,” tegasnya.

Baca Juga :   Ini Penjelasan Lion Air Soal Ribuan Karyawannya yang Dirumahkan

Sementara itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, pihaknya hingga saat ini tengah menelusuri lebih lanjut dengan melakukan investigasi. Karena sesuai standar prosedur di maskapai, untuk bagasi titipan penumpang tidak ditempatkan di dalam kabin pesawat. Pengaturan dan penempatan bagasi penumpang berada di bagian bawah pesawat.

“Sejauh ini proses investigasi masih terus berlanjut dan belum menemukan hasil keputusannya,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO