Kini, Ada 17,25 Juta Pelaku UMKM Masuk ke Platform Digital

JagatBisnis.com – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) terus mendorong pelaku UMKM agar onboarding ke dalam ekosistem digital. Terbukti, per Desember 2021, sebanyak 17,25 juta pelaku UMKM telah onboarding ke dalam platform digital. Sehingga pada tahun 2024, ditargetkan ada 30 juta UMKM onboarding ke dalam ekosistem digital.

“Sementara untuk koperasi, saat ini telah ada 202 koperasi digital di tahun 2021, dari target 100 koperasi. Untuk tahun 2022 ini, ditargetkan bakal ada 200 koperasi digital,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Rulli Nuryanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (31/1/2022).

Dia menjelaskan, di tahun 2021, pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, dalam rangka percepatan digitalisasi koperasi dan UMKM Indonesia. Di antaranya, bekerjasama dengan Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, Bukalapak, Gojek, Grab, dan stakeholder lainnya. Untuk meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM, pihaknya menggandeng 11 lembaga incubator, baik dari swasta ataupun universitas.

Baca Juga :   Kemenkop UKM Sebut MoU 2 Koperasi Simpan Pinjam Cacat Hukum

“Sementara di tahun 2022 ini, kami fokus dalam agenda pemulihan transformative. Di antaranya, 70 persen prioritas program menyasar pelaku UMKM dan koperasi, anak muda, perempuan dan fokus dalam mendukung pengembangan usaha ramah lingkungan. Selanjutnya, akses pembiayaan UMKM dan poperasi pergeser dari pektor perdagangan ke sektor riil.

Baca Juga :   MenkopUKM Siap Kawal BPUM

Dia menambahkan, pembiyaaan LPDB-KUMKM 40 persen untuk sektor riil. Hal ini juga pembiayaan perbankan dan non perbankan diharapkan dapat lebih terkonsolidasi ke dalam ekosistem sektor riil. Lebih lanjut, ditargetkan sebesar 30 persen dari total pelaku usaha, sebesar 20 juta UMKM terhubung kedalam ekosistem digital.

Baca Juga :   Dukung Digitalisasi dan Kebangkitan UMKM, KemenKopUKM Kerjasama dengan Grab

“Kami juga berharap, tahun 2022 ini, 70 persen dari total UMKM sudah mengalami pemulihan usaha,” pungkasnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO