KAI Gunakan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan untuk Kurangi Sampah Plastik  

JagatBisnis.com-PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik. Oleh karena itu, berkomitmen menggunakan kemasan ramah lingkungan pada produk makanan dan minuman yang disajikan di layanan kereta.

“Kali ini kami memilih kemasan berbahan dasar kertas, serat jagung dan serat tebu untuk berbagai menu makanan yang disajikan dalam perjalanan kereta api,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus seperti dikutip dari laman resmi kai.id, Minggu (30/1/2022).

Dia menjelaskan, penggunaan kemasan makanan dilakukan untuk mengurangi produksi sampah plastik yang sulit diurai oleh proses alam. Sebenarnya, penggunaan kemasan makanan dan minuman ramah lingkungan ini sudah diterapkan sejak tahun 2018. Secara bertahap, pihaknya meminimalisir penggunakaan bahan dasar plastik dan menggantinya dengan bahan dasar yang mudah terurai.

Baca Juga :   300 Jaring di Aliran Sungai Selat Bali Dipasang untuk Kurangi Sampah Plastik

Menurut dia, KAI Service sebagai pengelola restoran KA menggunakan jenis kemasan ramah lingkungan pada menu makanan, seperti Nasi Goreng Parahyangan Legend, Nasi Ayam Geprek, Train Chicken, Nasi Rames Nusantara, Nasi Sei Sapi, Mie Godog, Mie Goreng Jawa, Sotoka, dan Bakso Enak. Hal serupa juga dijumpai di menu minuman berupa Teh, Kopi, Kopi Susu, Cappucino, Wedang Uwuh, Teh Jahe, dan Coklat.

Baca Juga :   Sukseskan Angkutan Mudik Lebaran 2022, KAI Banjir Pujian

“Pelanggan tidak perlu ragu menikmati hidangan KA. Selain hidangannya nikmat, pelanggan juga dapat membantu melestarikan lingkungan karena kami menggunakan kemasan makanan yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan menggunakan kemasan makanan ramah lingkungan, pihaknya ikut mendukung komitmen pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia sebesar 30 persen dan mengolah 70 persen sampah pada 2025. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menghijaukan Indonesia melalui BUMN Hijaukan Indonesia serta menyukseskan program G20.

Baca Juga :   Kota Podomoro Tenjo, Tersambung dengan Stasiun Tigaraksa

“Selain menggunakan kemasan makanan ramah lingkungan, kami juga melakukan Gerakan KAI Hijaukan Indonesia dengan melakukan penghijauan. Sepanjang 2021-2022, kami telah melakukan penanaman 28.697 pohon pada stasiun, perkantoran, dan lingkungan masyarakat di berbagai area kerja,” tutup Joni.

MIXADVERT JASAPRO