Epidemiolog: Omicron Sangat Efektif Menular Lewat Udara

JagatBisnis.com – Varian corona Omicron meluas secara cepat di Indonesia. Sebab, penyebarannya efektif dapat menular lewat udara.

Hal itu diungkapkan oleh Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman. Menurutnya, hal tersebut mesti diwaspadai dengan menggunakan masker dengan kualitas yang baik.

“Memakai masker berkualitas tinggi (N95/KN95) karena Omicron sangat efektif menular melalui udara,” ujar Dicky dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (27/1).

Baca Juga :   Kasus Omicron Melonjak, Jokowi: Siapkan Fasilitas Kesehatan

Dicky juga mengimbau kepada setiap gedung perkantoran untuk memperhatikan sirkulasi udara. Serta diharapkan menggunakan penyaring udara.

“Penting dilakukan perbaikan kualitas, kuantitas, sirkulasi dan ventilasi udara di gedung perkantoran agar udara mengalir dengan efektif (10-20 sirkulasi per jam). Sehingga terjadi pertukaran antara udara dalam ruangan dan luar ruangan,” jelasnya.

Baca Juga :   Waspada Omicron, 394 Siswa SD di Bekasi Divaksin Dosis Pertama

“Upaya lainnya juga bisa ditambah dengan penggunaan AC berpenyaring (HEPA Filter) dan atau UVC,” tambahnya.
Untuk itu, Dicky berharap masyarakat tetap patuh menjalankan protokol kesehatan dimanapun berada guna mencegah penyebaran virus corona meluas.

Baca Juga :   Ini Wilayah 5 Kecamatan Zona Merah Varian Omicron di Jakarta

“Omicron memiliki kemampuan bertahan lebih lama di permukaan atau lingkungan dibanding varian lainnya, maka menjaga kebersihan (disinfeksi) rumah, ruangan kerja/kantor dan tempat-tempat umum menjadi sangat penting dilakukan,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO