Lair Band Siap Tur ke Enam Negara

JagatBisnis.com –  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melakukan pelepasan terhadap grup musik Lair yang akan melakukan tur ke enam negara selama 7 bulan. Keenam negara itu Kanada, Swiss, Denmark, Norwegia, Jerman, dan Thailand. Grup musik itu pun siap membawa dan menunjukan misi kebudayaan Indonesia kepada dunia.

“Saya harap Jatiwangi Art Factory bisa mewarnai produk kekayaan Indonesia. Saya ucapkan selamat kepada group band Lair untuk membawa misi kebudayaan ke dunia,” kata Teten dalam acara Pelepasan World Tour Lair Music 1.000 Km Jalur Terrakota di Jatiwangi Art Factory, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022).

Dia menjelaskan, Lair sendiri merupakan sebuah band yang menggunakan alat musik terbuat dari tanah liat, memainkan musik bergenre tarling yang dikombinasikan dengan sentuhan kontemporer dan tergabung dalam satu komunitas yang bernama Jatiwangi Art Factory (JAF). Dengan tur dunia yang dilakukan oleh Lair akan membawa narasi kebudayaan Indonesia kepada dunia.

Baca Juga :   MenkopUKM: Pengembangan Industri Halal harus Sejalan dengan kebijakan Pro UMKM

“Ini merupakan misi yang harus diemban oleh Lair. Terrakota dari Jatiwangi bisa dinarasikan kalau seni Indonesia itu kaya dan dapat jadi bentuk kreatif yang belum tentu bisa dimiliki negara lain,” ujar Teten.

Baca Juga :   KemenkopUKM Bagikan Masker ke Pedagang Pasar di Jakarta

Dalam kesempatan itu, Teten berpesan, saat ini dunia tengah menyukai produk custom dan ini menjadi peluang besar bagi Indonesia. Karena, berbagai produk UMKM dan kesenian serta kebudayaan di Indonesia berasal dari akar budaya yang menjadi sumber ekonomi kreatif.

Baca Juga :   Ajang Pencarian 'Pahlawan Digital UMKM' Kembali Digelar

Sementara itu, Penggagas Jatiwangi Art Factory, Ginggi Syarief Hasyim menambahkan, selain tur dunia yang akan dilakukan oleh Lair, pihaknya juga mendapatkan undangan dalam acara Documenta pada bulan Juni 2022 yang berlangsung di Kota Kassel, Jerman.

“Kami diundang di event Documenta dan ini pertama kali Indonesia diundang ke sana. Biasanya Asia yang diundang Jepang, India, Korea, dan Tiongkok, tapi sekarang dari Indonesia akan diwakili oleh kami dari Majalengka,” pungkas Ginggi. (eva)

MIXADVERT JASAPRO