Pentingnya Penuhi Asupan Makronutrien dan Mikronutrien pada Anak Cegah Malnutrisi

JagatBisnis.com – Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak bisa dimulai dari meja makan. Salah satunya, dengan menyajikan aneka makanan lezat yang bernutrisi. Pada hari Gizi Nasional 2022 ini, orangtua diingatkan kembali akan pentingnya mengoptimalkan gizi anak melalui pemberian makanan sehat bernutrisi. Sehingga mampu menekan angka malnutrisi pada anak.

“Ada sebanyak 45 persen rumah tangga kesulitan untuk memenuhi makanan bergizi cukup bagi anak-anak. Bahkan, saat pandemi ini membuat orang-orang kehilangan pekerjaan dan memiliki keterbatasan untuk memperoleh pangan yang bergizi,” kata Ahli gizi keluarga, dr. Diana F. Suganda, saat acara Virtual Press Conference “Rayakan Hari Gizi Nasional 2022, Royco Pertegas Komitmen Atasi Malnutrisi”, Selasa (25/1/2022).

Dia menegaskan, pentingnya melakukan intervensi gizi untuk mencegah malnutrisi pada anak. Apabila masalah malnutrisi tidak segera diintervensi dengan pemberian gizi yang cukup, tentunya dapat mengancam tumbuh kembang anak dan masa depan bangsa.

Baca Juga :   Lezatnya Royco Baru dengan Garam Beriodium

“Intervensi gizi atau nutrisi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, kecukupan asupan makronutrien dan mikronutrien seperti iodium untuk anak dan ibu hamil harus selalu diperhatikan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, pentingnya melakukan intervensi gizi sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak (HPK), yakni sejak masa kehamilan sampai 2 tahun pertama usia anak. Jadi, sebelum merencanakan kehamilan calon ayah dan ibu gizinya sudah diatur dan diintervensi. Sehingga tidak boleh asal mengkonsumsi makanan.

Baca Juga :   Plizza Menu Bernutrisi Baik Bagi Planet Bumi

“Pemenuhan zat gizi yang seimbang harus lengkap dari sisi makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar. Di antaranya, karbohidrat, protein, dan lemak harus dikonsumsi dalam komposisi yang seimbang. Sedangkan, mikronutrien pun penting untuk tubuh, meskipun hanya perlu dikonsumsi dalam jumlah kecil,” paparnya.

Baca Juga :   Lezatnya Royco Baru dengan Garam Beriodium

Menurut dia, untuk makronutrien
biasanya dikonsumsi dalam satuan gram, sementara mikronutrien hanya sekitar beberapa miligram saja. Adapun mikronutrien adalah vitamin, baik yang larut air maupun larut lemak dan mineral, seperti iodin atau yodium, kalsium, fosfor, besi, dan zinc.

“Meskipun dikonsumsi dalam jumlah sedikit mikronutrien sama pentingnya dengan makronutrien. Kalau kita tidak bisa memenuhinya, metabolisme juga tidak bagus, proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh juga tidak bisa sempurna. Oleh karena itu, penting sekali untuk intervensi zat gizi nutrisi dalam bentuk makronutrien dan mikronutrien,” pungkasnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO