Pagar Alam Akan Jadi Kota Pertama yang Gunakan Energi Hijau

JagatBisnis.com –   Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi sebagai sumber energi utama dalam kegiatan masyarakatnya. Demikianlah kata Joko Widodo (Jokowi) dsApresiasi Kota Pagar Alam sebagai Kota Energi Hijau, Senin (24/1).

“Ini akan menjadi kot dengan zero emission yang pertama, kalau bisa Nanti ditindaklanjuti ke penggunaan listrik yang lainnya. Pagar Alam akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau,” kata Jokowi.

Menurutnya, status tersebut dapat terwujud apabila Pagar Alam juga menggunakan listrik dari energi hijau sebagai sumber energi utama untuk kendaraan hingga kebutuhan sehari-hari masyarakatnya. Sehingga pihaknya dapat mulai melakukan perencanaan terkait bantuan untuk pengembangPan energi hijau di Kota Pagar Alam.

Baca Juga :   Temuan Nelayan di Sungai Musi, Dibantah Sebagai Harta Karun

“Kami optimistis Pagar Alam akan menjadi kota yang dapat dicontoh oleh seluruh daerah di Indonesia dalam bidang energi baru dan terbarukan (EBT). Sehingga orang akan melihat keindahan alam hijau, energinya juga EBT, orang akan merasakan betapa yang namanya tanpa polusi itu didambakan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Temuan Nelayan di Sungai Musi, Dibantah Sebagai Harta Karun

Perlu diketahii, Kota Pagar Alam yang berlokasi 298 kilometer dari Ibu Kota Sumatera Selatan, yakni Palembang memiliki luas daerah sebesar 633 kilometer persegi. Sumber energi utama Kota Pagar Alam berasal dari 3 pembangkit EBT yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Green Lahat dengan kapasitas 9,99 Megawatt, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai dengan kapasitas 55 Megawatt, dan PLTP Rantau Dedap dengan kapasitas 91,2 Megawatt. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO