Pemerintah Gencarkan OP, Jamin Ketersediaan Bahan Pangan

JagatBisnis.com –  Pemerintah saat ini gencar menggelar operasi pasar (OP) bahan pangan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan bahan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. OP ini juga bertujuan menjaga stabilitas harga bahan pangan agar tetap terjangkau masyarakat. Karena dalam beberapa waktu terakhir terjadi kenaikan harga beberapa komoditas bahan pangan.

Setelah beberapa waktu lalu meninjau pelaksanaan kegiatan operasi pasar di Bali, Bogor, dan Surabaya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau pelaksanaan OP serta berdialog langsung dengan pedagang dan pembeli di Pasar Barek Motor Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Senin (24/1/2022).

“Kali ini kami meninjau OP, salah satunya untuk memastikan harga minyak goreng. Kami pun melihat sendiri minyak goreng sudah dijual di harga Rp14 ribu per liter. Selain itu, harga beras dan gula pasir yang tergolong cukup murah,” kata Menko Airlangga dalam keterangan tertulis, Senin (24/1/2022).

Baca Juga :   Transaksi Ekonomi Digital di Indonesia Terus Meningkat

Dia menjelaskan, beberapa komoditas yang dijual dengan harga yang terjangkau pada kegiatan ini yakni beras, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit hijau, telur ayam ras, tepung sagu, daging ayam beku, dan gula pasir. Untuk komoditas bawang putih dijual Rp27 ribu/kg, lebih murah jika dibandingkan harga rata-rata per 24 Januari 2022 di Provinsi Kepri yakni sebesar Rp29.850/kg.

Baca Juga :   Realisasi PEN Hingga Pertengahan November 2021, Baru 65 Persen

“Kami juga akan jaga suplainya supaya harganya tidak naik kembali. Kalau ada barang, kami jamin harga tidak akan naik,” tegas Airlangga.

Dalam operasi pasar kali ini, Toko Tani Indonesia (TTI) Center menyediakan komoditas berupa beras segar TTI 500kg, beras premium gurindam 500 kg, telur ayam 50 tray, bawang merah 50 kg, bawang putih 50 kg, kentang 30 kg, gula pasir curah 100 kg, cabai keriting merah 50 kg, cabai rawit hijau 10 kg, tepung sagu 50 kg, daging ayam beku 15 kg, dan bawang merah birma 15 kg.

Baca Juga :   Pemerintah Memperpanjang PPKM Luar Jawa-Bali 1-14 Maret

“Sementara itu, Bulog menyediakan beras premium 1 ton, beras medium CBP 500 kg, minyak goreng sebanyak 1.000 liter, gula 1 ton, daging kerbau 50 kg, dan tepung terigu 100 kg,” terangnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO