Berikut Pantangan Setelah Vaksin Booster Menurut Dokter

JagatBisnis.com-Vaksin booster Covid-19 telah mulai diberikan sejak pertengahan Januari. Vaksin Booster sebagai salah satu perlindungan dalam menghadapi varian Omicrom. Pemberian vaksin booster diprioritaskan untuk lansia dan orang yang memiliki penyakit penyerta.

Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, Vito Damay, mengatakan vaksin booster adalah suntikan vaksin dosis ketiga yang diberikan untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus corona penyebab Covid-19. Syarat penerima vaksin booster adalah orang berusia 18 tahun ke atas, tinggal di kabupaten/kota yang telah mencapai vaksinasi dosis kedua 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

“Bagi orang dengan penyakit kronis atau komorbid atau kondisi khusus sebaiknya ikuti nasihat, petunjuk atau larangan dokter yang berkaitan dengan penyakit penyerta (komorbid) tersebut,” kata Vito, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga :   Bayi Berusia 4 Hari Positif Covid-19

Menurut Vito, hal yang tidak anjurkan atau menjadi pantangan setelah vaksin booster Covid-19, disarankan untuk tidak menekan, memijat, atau menggosok lokasi bekas suntikan. Selain itu, agar tidak merokok dan konsumsi minuman beralkohol sebagai pantangan setelah vaksin booster Covid-19.

Baca Juga :   Begini Kondisi Jakarta Dalam Sepekan di Tengah Kenaikan Kasus Corona

“Karena teorinya rokok menyebabkan oksidasi dan alkohol memperberat kerja metabolisme tubuh sehingga bisa saja berpengaruh terhadap proses respons imun terhadap vaksinasi,” ujarnya.

Baca Juga :   Tahun Ini, Obat COVID-19 Akan Diluncurkan

Dia menjelaskan, setelah vaksin booster, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik yang berat setidaknya selama 2-3 hari. Karena tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin booster.

“Setelah vaksin booster, dianjuran yang sebaiknya, minum paracetamol jika demam, menggigil, atau pegal-pegal setelah vaksinasi. Selain itu, cukupi kebutuhan nutrisi dan cairan setelah vaksinasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO